Tips Meraih Keuntungan Besar dalam Menjual Hewan Kurban Menjelang Iduladha

Sebentar lagi umat muslim akan merayakan Hari Raya Iduladha yang identik dengan penyembelihan hewan kurban seperti sapi, domba, kambing, atau kerbau. Bagi Anda pengusaha atau peternak hewan kurban, perayaan ini menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu bukan? Selain permintaan pasar yang tinggi, harga jual hewan kurban menjelang Iduladha pun akan mengalami kelonjakan yang cukup besar. Hal inilah yang membuat penjual hewan kurban mendapatkan keuntungan yang cukup besar menjelang Hari Raya Iduladha.

Namun, untuk mendapatkan keuntungan besar di momen ini, Anda juga harus memikirkan strategi yang tepat. Hal ini dikarenakan banyaknya pesaing yang juga menjual hewan kurban. Di bawah ini, kami akan menjelaskan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan hewan kurban Anda.

Perhatikan Kondisi Hewan Kurban

Memperhatikan kondisi hewan kurban sebelum menjualnya ke target pasar adalah hal wajib yang harus Anda lakukan. Pastikan hewan yang akan Anda jual adalah hewan yang sehat secara fisik dan memenuhi syarat sebagai hewan kurban. Seperti yang telah Anda ketahui, syarat hewan kurban adalah harus berkelamin jantan dan tidak mengalami gangguan kesehatan atau cacat, seperti buta, telinga dan ekor yang sobek, gila, kehilangan gigi, tidak bertanduk atau patah. Pastikan hewan kurban Anda juga memiliki tubuh yang gemuk dan cukup usia. Di mana untuk domba minimal usianya adalah 6 bulan (masuk bulan ke-7), kambing 1 tahun (masuk tahun kedua), sapi 2 tahun (masuk tahun ketiga). Dengan mengetahui kondisi hewan kurban dengan baik, Anda akan lebih mudah melakukan kegiatan jual-beli, serta mengurangi kerugian bisnis.

Pilih Hewan dengan Kualitas Terbaik

Untuk meraih keuntungan besar dalam berbisnis hewan kurban menjelang Iduladha, Anda juga harus pintar-pintar dalam membeli hewan kurban. Anda bisa membelinya langsung dari peternak untuk mendapatkan harga yang murah dan hewan kurban yang kesehatan dan perawatannya terjamin, sehingga keuntungan bisa lebih maksimal. Setelah mendapatkan hewan kurban yang sesuai, Anda juga tetap harus memberikan pakan yang bergizi hingga hewan tersebut laku terjual dan siap disembelih saat Hari Raya Iduladha. Untuk itu, cobalah rawat hewan kurban dengan memastikan pakan yang cukup dan kandang yang layak. Karena kesehatan dan kualitas hewan kurbanlah yang akan menentukan apakah hewan tersebut akan laku dijual atau tidak.

Tentukan Lokasi Jual-Beli Hewan Kurban

Sebelum menentukan lokasi yang tepat untuk kegiatan bisnis atau jual-beli hewan kurban, cobalah lakukan riset sederhana mengenai lokasi yang akan Anda pilih. Apakah lokasi tersebut strategis dan mudah ditemukan target pasar Anda? Atau apakah sudah ada kompetitor yang juga menjual hewan kurban di sana? Dengan memilih lokasi yang tepat, target pasar akan lebih mudah menemukan bisnis Anda, dan hewan kurban yang ditawarkan pun akan lebih mudah terjual. Jadi, cobalah sebisa mungkin untuk memilih tempat atau lokasi berjualan yang strategis dan dekat dengan jalan raya.

Lakukan Pendekatan Langsung

Jika Anda termasuk pengusaha pemula yang baru terjun untuk menjual hewan ternak, hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan pelanggan adalah melakukan pendekatan secara langsung kepada calon pelanggan. Mulailah dengan menawarkan hewan ternak Anda ke saudara, teman dekat, dan juga tetangga sekitar yang berpotensi untuk membeli hewan kurban Anda. Jangan malu untuk menawarkan produk Anda secara langsung. Cobalah untuk mempelajari segala hal mengenai cara berjualan yang baik. Bersikaplah sopan santun dan layani calon pelanggan dengan baik. Karena, sebaik apapun kualitas hewan ternak Anda, tapi tidak dibarengi dengan layanan yang baik, calon pelanggan Anda akan kabur dan memutuskan untuk mencari penjual hewan kurban lainnya.

Promosikan Bisnis di Berbagai Media

Untuk memperkenalkan bisnis dan menarik calon pelanggan, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah mempromosikan bisnis Anda. Media promosi yang bisa Anda pilih pun beragam, mulai dari media promosi offline ataupun online. Anda bisa menentukan media promosi sesuai dengan target pasar yang Anda tuju. Jika Anda tidak memiliki budget yang terlalu besar, Anda bisa mempromosikannya melalui social media. Namun, jika Anda memiliki budget yang cukup, Anda bisa membuat promosi dengan mencetak flyer ataupun membuat banner yang diletakkan di tempat bisnis Anda.

Jika Anda memutuskan untuk mencetak flyer dan membuat banner, Anda bisa menggunakan Printera sebagai solusi terpadu yang membantu Anda menyiapkan segala kebutuhan cetak bisnis dengan mudah. Di mana, dengan mencetak kebutuhan bisnis di Printera, Anda dapat melakukan konsultasi dengan Design Manager ataupun Account Manager mengenai segala kebutuhan promosi Anda. Jadi tunggu apalagi? Cetak segala kebutuhan bisnis Anda sekarang juga di Printera.