5 Cara Efektif yang Harus Anda Lakukan Saat Ingin Membagikan Flyer Bisnis

Flyer atau yang lebih dikenal sebagai selembaran, biasanya dicetak pada satu sisi kertas dan didesain khusus sebagai media promosi yang praktis dan dapat dibaca dengan cepat. Flyer sendiri biasanya hanya berisikan informasi singkat ataupun promosi khusus yang sedang berlangsung dan dibagikan ketika sedang berada dalam pameran ataupun tempat strategis lainnya.

Karena didesain khusus sebagai media promosi praktis, hanya sedikit orang yang akan menyimpan flyer. Di mana, kebanyakan orang akan cenderung membuangnya ketika mereka sudah merasa cukup mendapatkan informasi yang diinginkan. Agar mengurangi risiko flyer yang dibuang sia-sia, di bawah ini akan kami jelaskan beberapa cara efektif membagikan flyer secara efektif dan tepat sasaran.

Bagikan Sesuai Target Market

Membagikan flyer tidaklah bisa sembarangan. Anda harus mengetahui terlebih dahulu siapa target market bisnis Anda, mulai dari demografi, geografis, psikologi, behavior, dan sebagainya. Dengan mengetahui target market yang dituju, flyer yang Anda bagikan tidak akan terbuang dengan sia-sia karena informasi yang ada didalamnya sangat berguna bagi penerimanya. Misalnya target market Anda adalah mahasiswa, Anda dapat membagikan flyer saat event musik. Atau jika target Anda adalah ibu rumah tangga, Anda bisa membagikan flyer di swalayan ataupun supermarket.

Bagikan Secara Langsung

Sama seperti poin di atas, membagikan flyer secara langsung di tempat keramaian merupakan cara yang paling banyak dilakukan. Anda bisa membagikan flyer saat sedang berada dalam event, di depan sekolah atau kampus, di dalam mall, dan sebagainya. Namun perlu diingat, hindari untuk membagikan flyer di pinggir jalan. Selain mengganggu, hal ini juga dapat membahayakan pengendara yang sedang lewat. Dan perlu diingat, saat membagikan flyer, cobalah untuk tunjukkan sikap dan tingkah laku yang sopan dan berikan senyuman.

Selipkan Melalui Media Cetak

Menyelipkan flyer ke dalam media cetak seperti majalah dan koran merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan. Anda dapat bekerja sama dengan loper koran atau majalah. Sebelum memutuskan untuk menitipkan flyer tersebut, coba tanyakan kepada mereka mengenai pembaca yang berlangganan majalah atau media cetak tersebut. Mulai dari bagaimana tipe pembaca, kebiasaan mereka, dan sebagainya. Jika sesuai dengan target market yang Anda inginkan, Anda bisa menitipkan flyer perusahaan Anda kepada loper koran tersebut.

Bekerja Sama dengan Pihak Ketiga

Cara lain yang bisa Anda lakukan saat membagikan flyer adalah dengan bekerja sama dengan pihak lain. Misalnya, bisnis Anda bergerak dibidang kuliner, berarti Anda dapat bekerja sama dengan perkantoran yang membutuhkan makan siang. Namun perlu diperhatikan juga target market-nya, apakah karyawan perkantoran tersebut sesuai dengan target market Anda? Jika iya, Anda bisa langsung membicarakan masalah ini kepada orang yang bertanggung jawab di kantor tersebut.

Buat e-Flyer untuk Promosi Digital

Selain membagikan flyer dalam bentuk cetak, Anda juga bisa membuat e-flyer untuk dibagikan melalui digital. Anda bisa mula mengirimkan e-flyer melalui email ataupun aset digital lainnya yang Anda miliki seperti website, social media, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa menjangkau target market Anda secara luas, bahkan hingga seluruh dunia. Selain itu, membagikan e-flyer secara digital juga dapat menghemat biaya cetak yang harus Anda keluarkan.

Membagikan flyer secara tepat dan sesuai dengan target market dapat membuat informasi dan pesan yang disampaikan lebih mudah diterima oleh mereka. Dengan begitu, flyer Anda tidak akan terbuang sia-sia, sehingga secara tidak langsung dapat membuat bisnis Anda berkembang dan penjualan akan terus meningkat.

Untuk membuat dan mencetak flyer dengan mudah dan cepat dengan kualitas terjamin, Anda dapat memanfaatkan Printera. Printera adalah solusi terpadu yang mempermudah Anda dalam memenuhi kebutuhan cetak bisnis. Printera juga memiliki layanan dan produk percetakan lengkap, mulai dari kebutuhan stationery, marketing, hingga merchandise. Jadi tunggu apalagi? Cetak segala kebutuhan bisnis Anda di Printera sekarang juga!