Promosi Offline Atau Online? Berikut Kekurangan dan Kelebihan Dari Masing-Masing Cara Promosi

Menurut Wikipedia, promosi adalah upaya yang dilakukan perusahaan untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengonsumsinya. Dengan adanya promosi, diharapkan perusahaan dapat menaikkan angka penjualan suatu produk.

Sebuah perusahaan tanpa adanya promosi sama halnya dengan bisnis tanpa nyawa. Di mana, tanpa promosi, target audience tidak akan mengetahui produk yang Anda jual, sehingga menyebabkan produk tersebut tidak dapat diterima baik oleh target audience. Hal ini tentu memengaruhi minimnya penerimaan dan pembelian, sehingga secara otomatis dapat membuat bisnis merugi hingga mengalami kebangkrutan.

Di zaman sekarang, sebuah perusahaan dapat melakukan dua strategi promosi sekaligus, yaitu promosi online dan offline. Kedua metode ini memiliki perbedaan yang cukup besar. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan salah satu atau kedua strategi ini, kami akan memberikan beberapa informasi mengenai perbedaan keduanya beserta kekurangan dan kelebihan masing-masing strategi tersebut.

Bedanya Promosi Offline dan Online

Promosi offline merupakan proses di mana pelaku bisnis bertemu dan bertransaksi langsung dengan konsumen. Media yang digunakan dalam promosi offline mulai dari pameran bisnis, menyebar flyer, bertukar kartu nama, dan sebagainya. Sedangkan promosi online merupakan proses transaksi bisnis menggunakan teknologi elektronik yang mempermudah konsumen dalam berinteraksi dan melakukan tanya jawab melalui Internet.

Manfaat Promosi Offline dan Online

Kedua promosi ini memiliki manfaat yang berbeda. Di mana transaksi offline memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi secara langsung dan membuat konsumen lebih yakin untuk membeli produk yang ditawarkan. Sedangkan promosi online mempermudah konsumen dalam membeli produk secara online sehingga konsumen tidak perlu repot mengunjungi toko secara langsung, serta mempermudah konsumen dalam mencari atau menemukan informasi yang dibutuhkan mengenai produk lebih cepat melalui Internet atau media promosi online lainnya seperti website, social media, dan sebagainya.

Bentuk Promosi Offline dan Online

Promosi offline masih membutuhkan kehadiran seseorang yang berperan sebagai sales untuk menawarkan dan menjual produk secara langsung kepada konsumen. Bukan hanya itu, promosi offline juga memerlukan waktu yang cukup banyak untuk menawarkan produk dari satu tempat ke tempat lainnya. Sedangkan, promosi online tidak membutuhkan kehadiran sales. Di mana dengan promosi online, pelanggan hanya perlu mencari informasi melalui website, social media, atau media digital lainnya untuk membeli produk yang dijual.

Kelebihan Promosi Offline dan Online

Bagi Anda yang ingin melakukan branding produk, promosi offline tidak boleh terlupakan. Dengan promosi offline, branding produk Anda akan menjadi lebih kuat karena langsung dipresentasikan oleh seorang sales. Bukan hanya itu, promosi offline juga memungkinkan calon konsumen untuk melihat produk secara langsung, sehingga membuat konsumen lebih percaya dan langsung melakukan transaksi jual-beli saat itu juga. Sedangkan dengan melakukan promosi online, Anda dapat menghemat biaya promosi namun tetap memiliki pelayanan 7 hari 24 jam. Hal ini tentu sangat membantu konsumen atau calon konsumen dalam menemukan bisnis atau produk Anda. Bukan hanya itu, promosi online juga tidak memiliki batasan wilayah atau jangkauan promosi. Sehingga, Anda dapat melakukan promosi di mana pun. Hal ini tentu memberikan kemudahan lebih bagi Anda untuk mempromosikan bisnis hingga ke seluruh dunia.

Kekurangan Promosi Offline dan Online

Berbeda dengan promosi online, promosi offline membutuhkan biaya promosi yang lebih mahal dengan jangkauan yang terbatas. Dengan promosi offline, Anda juga harus melakukan monitor penjualan secara manual sehingga dapat menghabiskan waktu lebih lama. Sedangkan kekurangan promosi online terletak pada strategi branding yang belum tentu sekuat promosi offline. Di mana, promosi online tidak dapat merepresentasikan produk secara langsung dan menyeluruh, hingga membatasi calon konsumen untuk melihat dan menyentuh produk yang ditawarkan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan promosi offline dan online beserta kelebihan dan kekurangannya. Dengan mengetahui perbedaan keduanya, Anda dapat lebih mudah untuk memutuskan promosi mana yang Anda pilih untuk bisnis yang sedang dijalankan. Apakah promosi offline atau online? Akan lebih baik jika Anda menggunakan kedua promosi tersebut.

Jika Anda ingin melakukan promosi secara offline dengan mencetak kebutuhan promosi, Anda dapat memanfaatkan Printera sebagai solusi terpadu yang membantu Anda menyediakan segala kebutuhan cetak untuk promosi bisnis Anda. Mulai dari mencetak kartu nama, brosur, flyer, kalender, membuat merchandise, kaus promosi, dan masih banyak lagi. Dengan mencetak segala kebutuhan bisnis di Printera, Anda tidak lagi perlu khawatir mengenai kualitas cetak. Karena Printera menjamin kualitas cetak promosi bisnis Anda. Jadi tunggu apalagi? Cetak segala kebutuhan promosi bisnis Anda sekarang juga di Printera.