Jenis-Jenis Media Promosi Cetak yang Membantu Anda dalam Melakukan Branding Perusahaan

Promosi adalah upaya perusahaan untuk memperkenalkan produk atau jasa ke khalayak luas dengan tujuan untuk menarik calon konsumen untuk membeli dan mengonsumsi produk yang dijual. Banyak cara yang  bisa dilakukan perusahaan untuk melakukan promosi, salah satunya memanfaatkan media promosi cetak.

Di era digital seperti saat ini, media promosi cetak masih efektif dilakukan untuk menarik calon konsumen. Di mana, media cetak akan lebih mudah diakses dibanding media digital. Namun, jenis media cetak sangatlah beragam dan memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Hal ini, menuntut Anda sebagai pengusaha untuk memilah dan mengombinasikan media cetak sesuai dengan pesan yang ingin Anda sampaikan, karakteristik produk, target yang dituju, dan berapa budget yang Anda miliki. Di bawah ini adalah beberapa jenis media promosi cetak yang bisa Anda pilih untuk melakukan branding.

Iklan Media Massa Cetak

Mempromosikan produk atau jasa melalui media massa cetak seperti koran, majalah, tabloid dapat menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin melakukan branding ataupun memperkenalkan produk ke khalayak luas. Dengan memilih media promosi cetak ini, Anda dapat menjangkau khalayak secara luas, tergantung media massa apa yang Anda pilih, apakah media massa cetak lokal atau nasional. Dalam memilih media massa, Anda juga harus mengetahui apakah media tersebut dibaca oleh target audience Anda atau tidak. Jangan sampai uang yang Anda keluarkan sia-sia hanya karena salah memilih media massa. Misalnya, jika target Anda adalah pengusaha, Anda bisa memilih media koran. Atau jika target Anda adalah anak muda, Anda bisa memilih media massa cetak majalah yang sedang digemari anak muda.

Poster

Jenis media cetak ini biasanya digunakan untuk media promosi produk, acara, jasa, ataupun informasi lain perusahaannya. Dengan ukuran yang cukup besar, poster berpotensi untuk menarik perhatian pembaca atau orang yang lewat didepannya. Namun, untuk menarik perhatian orang yang lewat, Anda harus mendesain poster semenarik mungkin dan meletakannya di tempat yang banyak dilewati banyak orang. Pada umumnya, poster dapat ditempatkan diberbagai area seperti mall, sekolah, kampus, kantin, area berkumpul, ataupun di dekat tempat bisnis. Untuk membuat poster tahan lama, biasanya poster digabung atau ditempatkan pada akrilik atau lemari kaca. Selain bisa lebih tahan lama, hal ini juga bisa membuat poster terlihat lebih menarik dan eksklusif.

Banner

Banner adalah salah satu media cetak yang sering digunakan sebagai media promosi. Pada umumnya, banner biasanya diletakkan di tempat ramai seperti mall, pameran, toko, atau acara besar lainnya. Banner sendiri memiliki beberapa jenis seperti x-banner, y-banner, ataupun roll up banner. Jenis media cetak ini terbuat dari bahan kain atau kertas tebal yang semi kaku berukuran besar dengan tiang penyangga. Agar banner menjadi media efektif untuk berpromosi, Anda harus mendesain banner semenarik mungkin dan gunakan kata-kata yang menjual atau menarik orang yang lewat.

Brosur

Brosur merupakan media promosi yang berisi informasi dalam bentuk selembaran yang terdiri dari satu sisi maupun dua sisi yang mempunyai lipatan. Jenis media ini biasanya dicetak dalam jumlah yang relatif banyak untuk dibagikan kepada calon konsumen saat acara tertentu seperti pameran bisnis. Brosur biasanya dibuat lebih menarik dengan tema sesuai promosi yang sedang berlangsung. Dengan desain brosur yang menarik, kemungkinan brosur tersebut dibaca akan lebih besar.

Flyer

Flyer merupakan media promosi cetak yang paling simpel dan praktis di antara media promosi lainnya. Di mana, flyer hanya menampilkan informasi singkat namun berisi. Biasanya, flyer dibuat ketika perusahhan sedang mengadakan promosi seperti diskon, kegiatan bisnis, dan sebagainya. Flyer sama dengan brosur, di mana flyer juga dicetak dalam jumlah yang besar untuk dibagikan kepada orang-orang atau calon konsumen.

Kalender

Membagikan kalender di akhir tahun bisa menjadi media promosi efektif untuk memperkenalkan produk dan bisnis kepada calon konsumen. Selain sebagai alat penunjuk hari, kalender juga bisa memberikan pesan promosi dalam jangka waktu panjang, yaitu 1 tahun. Bentuk kalender pun bermacam-macam, ada yang dalam bentuk selembaran seperti poster, ada juga yang dalam bentuk beberapa lembar dalam satu tahun.

Katalog

Jika Anda ingin memberikan berbagai macam informasi tentang produk kepada target audience, Anda bisa menggunakan media promosi katalog. Di dalam katalog, Anda bisa memberikan informasi produk secra detail, mulai dari nama produk, spesifikasi, keunggulan, hingga harga yang Anda tawarkan. Dengan memberikan katalog kepada calon konsumen Anda, mereka akan lebih mudah memilih produk yang mereka butuhkan.

Kartu Nama

Kartu nama bukan hanya media yang memberikan informasi mengenai kontak yang bisa dihubungi, tapi juga bisa menjadi salah satu media promosi yang diperlukan dalam aktivitas branding bisnis. Di mana, sebuah kartu nama yang baik akan mewakili citra atau image perusahaan.

Itulah beberapa media promosi cetak yang dapat membantu Anda melakukan promosi dan branding perusahaan maupun bisnis. Dalam memilih media promosi cetak, Anda harus melihat apa tujuan promosi, berapa budget yang ada, dan siapa target promosi Anda. Dengan begitu, Anda dapat melakukan promosi dengan tepat.

Dengan menggunakan Printera sebagai solusi terpadu yang mempermudah Anda dalam memenuhi kebutuhan cetak bisnis, Anda dapat lebih mudah mengetahui apa saja media promosi yang tepat dan cocok digunakan oleh bisnis Anda. Dengan Printera, Anda akan memiliki 1 Account Manager personal yang akan membantu Anda dalam memilih media cetak mana yang sesuai dengan bisnis. Printera juga akan memberikan Anda 1 Design Manager yang membantu Anda dalam menentukan desain yang cocok dan sesuai dengan promosi Anda. Jadi tunggu apalagi? Cetak segala kebutuhan Anda sekarang juga di Printera.