Berikut Adalah Jenis-Jenis Banner Umum Berdasarkan Fungsinya yang Harus Anda Ketahui

Pasti Anda pernah melihat banner kan? Banner biasanya dapat dijumpai di toko, mall, pameran, atau saat acara-acara besar. Tapi tahukah Anda, apa itu banner? Banner adalah salah satu jenis media promosi yang biasanya dicetak menggunakan print digital dan berbentuk vertikal maupun horizontal. Banner biasa dimanfaatkan perusahaan atau pengusaha dalam berbagi informasi, media iklan, ataupun brand awareness. Banner juga termasuk salah satu media promosi yang paling ekonomis dan efektif karena dapat digunakan berulang kali.

Berdasarkan penempatannya, banner dibedakan menjadi dua yaitu banner indoor atau dalam ruang, dan banner outdoor atau luar ruang. Sedangkan banner juga dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsinya masing-masing. Di bawah ini akan kita jelaskan jenis-jenis banner berdasarkan fungsinya yang harus Anda ketahui.

X-Banner

Seperti namanya, banner yang satu ini dipasang dengan penyangga berupa tiang yang berbentuk huruf X. Tiang ini biasanya dibuat dengan bahan pipa aluminium kecil yang ringan dan mudah dipindahkan ke mana saja. X-Banner merupakan jenis banner yang paling sering digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan bisnisnya, dan biasanya diletakkan berdekatan dengan pintu masuk, seperti di samping pintu toko, kantor, ruang seminar, atau di samping booth pada saat event. Jenis banner ini cocok digunakan di indoor maupun outdoor, di mana ukurannya sendiri pun bermacam-macam, mulai dari 25×40 cm, 60×120 cm, 60×160 cm, atau 80×180 cm.

Y-Banner

Jenis banner ini hampir sama dengan X-Banner, bedanya Y-Banner memiliki tiang penyangga yang berbentuk huruf ‘Y’ dan memiliki alas di bagian bawah yang dapat membuay Y-banner berdiri lebih kuat. Namun, media promosi yang satu ini sangat jarang sekali ditemukan dan digunakan oleh perusahaan. Untuk ukuran Y-Banner, biasanya sebesar 60×160 cm.

Mini X-Banner

Jenis banner ini sama dengan X-Banner, memiliki tiang penyangga berbentuk X namun memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu 25×40 cm, 26×38 cm, atau 30×42 cm. Jenis banner ini biasanya diletakkan di atas meja dan digunakan untuk mempromosikan informasi seperti jadwal acara, menu makanan, atau sekedar awareness mengenai suatu produk atau merek. Jenis banner ini juga dibedakan lagi menjadi dua macam, yaitu mini X-Banner yang dilapisi stainless dan tanpa lapisan.

Roll Up Banner

Jenis banner yang satu ini lebih cocok dipasang di dalam ruang dan biasanya digunakan pada saat event, di depan etalase toko, ataupun di dalam ruang penjualan. Dalam penggunaannya, roll up banner merupakan banner yang paling praktis dan lebih efisien dibanding banner-banner di atas. Di mana, banner ini dapat digulung, sehingga memudahkan ketika ingin Anda bawa saat event atau saat acara lainnya. Jenis banner ini biasanya menggunakan bahan flexi, pvc, albatros, atau photopaper. Selain memiliki harga yang lebih murah, jenis banner ini juga dapat menampilkan produk Anda secara menyeluruh tanpa terhalang lipatan atau jatuh tertiup angin. Untuk ukurannya sendiri pun berbeda-beda, mulai dari 80×200 cm, 85×200 cm, 120×200 cm, atau 150×200 cm.

Itulah beberapa jenis banner berdasarkan fungsinya. Untuk memilih banner yang tepat, Anda harus melihat tujuan dan kebutuhan promosi bisnis Anda. Dengan mengetahui tujuan promosi, Anda dapat memilih jenis banner dengan tepat. Jika Anda masih sulit dalam membuat keputusan, Anda dapat memanfaatkan Printera sebagai solusi terpadu yang mempermudah Anda dalam memenuhi kebutuhan cetak bisnis. Dengan Printera, Anda bisa melakukan konsultasi mengenai masalah bisnis, mulai dari konsultasi bahan, harga, hingga konsultasi mengenai desain banner itu sendiri.