8 Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Mendesain Banner yang Menarik Perhatian

Banner adalah salah satu media promosi yang paling populer, sekaligus paling efektif dalam memberikan informasi produk maupun brand. Membuat banner tidaklah mudah, Anda harus berpikir kreatif dalam pembuatan desain maupun tulisan. Di mana, keduanya harus sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan dalam banner yang akan Anda buat. Lalu bagaimana cara mendesain banner yang menarik perhatian dan dapat membantu meningkatkan penjualan? Temukan jawabannya di bawah ini.

Tentukan Jenis & Ukuran Banner

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis dan ukuran banner. Apakah jenis X-Banner atau Roll Up Banner? Apakah  ukuran 80×180 cm atau 120×200 cm? Dalam menentukan jenis dan ukuran, Anda dapat berpatokan pada fungsi banner itu sendiri, jika banner ditempakan di tempat sempit, Anda bisa menggunakan ukuran sedang, sehingga tidak menyulitkan untuk dibaca oleh target audience. Anda juga bisa menyesuaikan kebutuhan banner berdasarkan konten dari pesan yang ingin disampaikan. Di mana, semakin banyaknya konten dan semakin besarnya ukuran akan sangat memengaruhi budget yang akan Anda keluarkan.

Tempatkan Logo di Atas

Logo bukan hanya sebuah gambar atau tulisan yang menonjol. Logo adalah sebuah brand identity atau identitas merek dan memiliki peran penting dalam sebuah media promosi, termasuk banner. Agar banner menjadi efektif dan memiliki peluang untuk menarik perhatian pembaca, cobalah tempatkan logo di bagian atas yang sejajar dengan mata pembaca. Anda juga bisa memposisikan konten atau tulisan penting di bagian atas banner, misalnya diskon, potongan harga, spesial harga, dan lain sebagainya.

Hindari Tulisan Terlalu Banyak

Banner yang efektif adalah banner yang cukup singkat, padat, jelas, dan informatif sesuai dengan target dari strategi promosi Anda. Membuat desain banner dengan tulisan yang terlalu banyak hanya akan menjadi sia-sia. Karena beberapa orang akan malas membaca jika diberikan tulisan yang terlalu banyak. Hal ini tentu membuat target audience dan pembaca mengabaikan banner Anda dan tidak mampu menangkap pesan yang ingin disampaikan. Jadi, buatlah desain banner yang to the point dengan tulisan yang singkat namun sesuai dengan pesan dan tujuan promosi.

Pilih Kata Ajakan yang Menarik

Dalam pembuatan banner, pemilihan kata adalah hal yang sangat diperlukan. Anda harus pandai-pandai memilih kata yang menarik dan membuat target audience melirik dan melihat banner Anda. Cobalah pilih kata-kata yang membuat target audience penasaran, sehingga mereka akan mendatangi Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat ukuran font atau huruf pada banner lebih besar dibagian headline atau judul, sehingga pelanggan dapat membacanya dengan mudah meski jaraknya jauh dari banner Anda.

Gunakan Gambar dengan Resolusi Tinggi

Gambar adalah hal penting lainnya selain konten. Jika Anda memutuskan untuk mencetak banner, Anda harus memilih gambar dengan kualitas besar atau high resolution. Jika tidak, banner Anda akan terlihat tidak profesional, di mana gambar pada banner akan terlihat pecah ataupun buram. Hal ini tentu membuat target audience malas dan enggan untuk melirik banner Anda. Jadi, apakah Anda rela kehilangan peluang untuk didatangi calon pelanggan hanya karena gambar pada banner?

Pilih Warna yang Sesuai

Warna adalah salah satu elemen penting yang dapat menarik perhatian target audience. Memilih warna tidaklah boleh sembarangan, Anda harus menyesuaikan dengan brand identity dan logo perusahaan. Anda juga harus mempertimbangkan pengaruh warna yang akan dijadikan latar belakang atau background pada gambar dan tulisan. Jangan sampai, warna background dan warna tulisan bertabrakan, dan sebagainya.

Gunakan Bahan Berkualitas

Dalam membuat banner, pasti Anda berharap banner Anda dapat bertahan lama dan kuat saat diterpa angin bukan? Jadi, cobalah pilih bahan yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan penempatannya. Misalnya, jika Anda ingin membuat banner outdoor, berarti Anda membutuhkan bahan dengan kualitas yang kuat agar tidak mudah jatuh jika terkena angin, serta tulisan yang tidak mudah pudar ketika terkena sinar matahari. Anda bisa memilih bahan albatros untuk banner indoor, dan bahan flexi untuk banner outdoor.

Jangan Lupakan Kontak Informasi

Hal penting terakhir yang perlu Anda perhatikan dalam mendesain banner adalah detail informasi kontak perusahaan. Dengan begitu, target audience dapat menghubungi Anda kembali jika mereka tertarik dengan produk ataupun bisnis Anda. Untuk penempatannya sendiri, kontak informasi biasa ditulis atau diletakkan di akhir banner dengan ukuran yang sedikit lebih kecil. Selain nomor telepon dan alamat website, Anda juga bisa menuliskan akun social media didalamnya. Dengan begitu, ketika mereka membutuhkan informasi mengenai produk, mereka dapat melihat dan menanyakannya langsung melalui social media.

Itulah beberapa tips mendesain banner yang menarik perhatian. Dengan banner yang menarik, tidak menutup kemungkinan bisnis Anda dapat berkembang dengan baik dan penjualan produk pun akan meningkat. Untuk mencetak banner dengan baik dan tepat sesuai tips di atas, Anda bisa memanfaatkan Printera sebagai solusi terpadu yang membantu Anda menyiapkan berbagai materi promosi cetak untuk bisnis. Dengan Printera, Anda juga tidak perlu khawatir lagi mengenai desain banner, karena Printera menyediakan Design Manager yang dapat membantu Anda membuat banner sesuai dengan perusahaan maupun bisnis Anda.