Strategi Promosi Word of Mouth untuk Perkembangan Bisnis yang Lebih Baik

Menjalankan promosi bisnis pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, tahukah Anda? Ternyata ada promosi bisnis yang tidak membutuhkan biaya sedikitpun. Promosi word of mouth atau promosi dari mulut ke mulut merupakan bentuk promosi yang tidak membutuhkan biaya sedikitpun, namun membutuhkan strategi yang tepat. Di mana, sebagai pengusaha, Anda harus memberikan kepuasan kepada pelanggan, sehingga mereka dengan senang hati akan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain. Di bawah ini, Printera akan memberikan beberapa strategi yang bisa Anda lakukan dalam menjalankan promosi word of mouth.

Berikan Pengalaman Terbaik untuk Pelanggan

Pelayanan dan produk yang baik pasti akan memberikan pengalaman yang tidak akan terlupakan oleh pelanggan maupun konsumen Anda. Jadi, jika Anda ingin melakukan promosi word of mouth, cobalah berikan mereka pengalaman terbaik dalam menggunakan produk Anda. Jika Anda menjual produk baru, Anda bisa memberikan mereka sampel gratis atau merchandise unik sebagai hadiah untuk pelanggan Anda. Dengan begitu, pelanggan akan terus mengingat bisnis Anda sebagai pengalaman terbaik mereka dalam mendapatkan sebuah produk. Hal ini tentu juga dapat membuat mereka menjadi pelanggan yang loyal serta mempercayai bisnis Anda.

Menjaga Hubungan Baik

Menjalin hubungan baik dengan konsumen adalah salah satu cara membuat pelanggan menjadi loyal. Secara tidak langsung, hal ini juga dapat membantu Anda mensukseskan promosi word of mouth yang sedang Anda lakukan. Untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen, Anda bisa mulai menghubungi mereka lewat telepon, email, ataupun melalui social media. Cobalah mulai dengan menanyakan keadaan mereka, kemudian tanyakan juga mengenai ekspektasi mereka terhadap bisnis Anda. Namun, ketika mereka memberikan kritik, janganlah marah ataupun kesal. Jadikan kritik konsumen sebagai cara Anda memperbaiki bisnis. Dengan menjaga hubungan baik dengan konsumen, mereka secara otomatis menjadi puas dengan bisnis dan juga pelayanan Anda. Dengan puasnya mereka terhadap bisnis, mereka akan membantu Anda merekomendasikan bisnis Anda kepada teman ataupun saudara mereka.

Bekerja Sama dengan Influencer

Influencer atau biasa disebut Key Opinion Leader adalah orang yang aktif di social media dan mampu membantu Anda mempromosikan bisnis kepada orang lain, khususnya followers mereka. Sebelum memutuskan untuk menggunakan strategi ini, cobalah lakukan riset terlebih dulu mengenai influencer yang ingin Anda pilih. Anda bisa mencari tahu apakah followers mereka percaya dengan postingan influencer? Atau apakah followers mereka adalah target audience Anda? Jika iya, strategi word of mouth Anda akan berjalan dengan baik. Jadi, cobalah pilih influencer yang tepat dan sesuai dengan target bisnis Anda, dan juga memiliki pengaruh besar terhadap tindakan pembelian, bukan hanya pada kesadaran.

Mintalah Pelanggan untuk Me-review Bisnis

Salah satu strategi promosi word of mouth yang bisa Anda lakukan adalah membuat kolom atau halaman yang memudahkan konsumen Anda untuk memberikan review atau ulasan mengenai bisnis. Dengan kolom ulasan inilah pelanggan atau konsumen dapat membantu Anda dalam mempromosikan bisnis. Anda bisa membuat halaman khusus ulasan pada website dan mengaktifkan fitur halaman pada social media Anda. Dengan adanya kolom ulasan ini, konsumen lain yang belum pernah mencoba atau membeli produk Anda akan melihat berbagai hal yang ingin mereka tau, seperti kualitas produk, pelayanan yang diberikan, dan sebagainya. Hal ini tentu bisa menjadi salah satu pengaruh besar bagi mereka dalam memutuskan pembelian produk.

Libatkan Pelanggan dalam Promosi

Strategi terakhir yang bisa Anda lakukan adalah melibatkan banyak pelanggan Anda dalam melakukan promosi word of mouth. Bagaimana caranya? Anda bisa membuat sesuatu yang menarik perhatian dan menarik pelanggan Anda seperti, kuis berhadiah melalui social media, promo buy 1 get 1, memberikan referal code untuk pelanggan yang bisa merekomendasikan bisnis Anda, dan sebagainya. Hal ini tentu dapat menarik pelanggan Anda untuk melakukan pembelian, sekaligus membuat mereka merekomendasikan bisnis Anda dengan mengajak teman atau orang lain untuk membeli produk Anda.

Itulah beberapa strategi word of mouth yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis. Untuk mendukung promosi word of mouth Anda dengan lancar, Anda juga bisa melakukan bentuk promosi lainnya, seperti menyebar brosur untuk awareness, membuat flyer ketika ada promosi atau diskon, membagikan hadiah ke pelanggan berupa merchandise, dan masih banyak lagi.

Dengan promosi pendukung lainnya, promosi word of mouth Anda akan berjalan dengan baik. Bagi Anda yang ingin mencetak materi promosi atau membuat merchandise, Anda bisa mempercayakannya di Printera. Printera merupakan solusi terpadu yang membantu Anda memenuhi segala kebutuhan promosi cetak bisnis Anda. Di Printera, Anda tidak perlu lagi ragu akan kualitas cetak media promosi Anda, karena Printera menjamin kualitas cetak Anda adalah yang terbaik. Jadi segera cetak keperluan cetak bisnis Anda sekarang juga di Printera.