Jenis-Jenis Merchandise yang Bisa Dipilih Untuk Mendukung Promosi Bisnis Anda.

Menjalankan bisnis tanpa adanya promosi sama saja dengan bermimpi sukses tapi tidak melakukan sesuatu untuk mencapainya. Salah satu cara promosi yang dilakukan pengusaha adalah membuat merchandise sebagai hadiah bagi pelanggan. Di mana, hal ini secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan dan daya tarik tersendiri bagi target market. Dengan membuat merchandise, Anda juga bisa meningkatkan brand image dan citra positif dihadapan target market. Anda juga bisa menambahkan logo, image, akun social media, webisite, dan sebagainya pada merchandise untuk memberikan awareness akan produk yang Anda jual. Lalu jenis merchandise apa saja yang biasanya jadi pilihan dan bisa meningkatkan brand awareness terhadap produk maupun bisnis?

Kaus

Kaus merupakan salah satu merchandise yang banyak dipilih sebagai media promosi. Dengan memilih kaus sebagai merchandise, Anda akan mendapatkan media promosi berjalan secara gratis, selama digunakan oleh yang menerima. Agar kaus digunakan terus menerus, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mulai dari desain hingga jenis bahan yang digunakan. Selama kaus memiliki desain yang bagus dan nyaman digunakan pelanggan, kaus Anda akan selalu digunakan terus menerus. Jenis kaus yang biasanya dipilih adalah jenis kaus oblong (t-shirt) atau polo shirt. Anda juga bisa menambahkan logo, tagline, dan lain-lain sebagai identitas perusahaan atau produk Anda.

Tote Bag

Merchandise selanjutnya yang bisa Anda pilih untuk branding adalah tote bag. Merchandise satu ini sedang tren di kalangan pengusaha dan sering dibagikan perusahaan pada saat event, pameran, atau seminar bisnis. Memberikan tote bag sebagai merchandise sangat efektif dan efisien, di mana tote bag bisa menjadi alat penyimpanan yang simpel dan mudah dibawa ke mana pun saat pelanggan Anda pergi. Untuk membuat merchandise ini, Anda bisa memilih jenis bahan seperti spunbond, blacu, ataupun kanvas. Dan perlu diingat, dalam pemilihan bahan, hindari pemilihan bahan yang tipis, karena akan cepat robek ketika membawa barang yang berat. Hal ini tentu sama saja Anda membuang budget promosi yang sia-sia.

Flashdisk

Merchandise yang satu ini sangat cocok diberikan oleh pelajar, mahasiswa, ataupun orang kantoran yang membutuhkan storage atau tempat penyimpanan file atau data. Biasanya flashdisk yang diberikan sebagai merchandise akan ditambahkan dengan nama dan logo perusahaan dalam bentuk yang unik, sehingga dapat menarik pelanggan maupun target market lainnya. Jika flashdisk adalah jenis merchandise yang Anda pilih, Anda harus menyiapkan budget yang cukup besar. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena efek promosi yang akan Anda dapatkan pun akan sesuai dengan budget yang Anda keluarkan. Apalagi, jenis merchandise satu ini sangat ditunggu-tunggu oleh kebanyakan pelanggan.

Mug

Mug merupakan merchandise yang sering diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya. Selain harganya lebih murah dibanding merchandise lain, mug juga efektif untuk menjangkau target market dari berbagai jenis kalangan dan usia. Umumnya, mug digunakan setiap hari untuk minum teh atau kopi. Dengan membuat desain mug yang kreatif dan unik, pelanggan akan lebih mudah mengingat produk yang Anda pasarkan. Dan agar mug bertahan lama ketika digunakan, usahakan untuk memilih material, bahan mug atau tinta sablon yang baik agar tidak mudah luntur maupun pecah.

Tumbler

Meski sama kegunaannya dengan mug, tumbler bisa dibawa kapan saja dan kemana saja. Dengan memilih tumbler sebagai merchandise, intensitas perusahaan Anda dilihat oleh masyarakat akan semakin luas. Tumbler biasanya juga memiliki bentuk yang beragam dan unik, sehingga dapat terlihat eksklusif, sehingga citra positif perusahaan akan meningkat. Jika ingin membuat tumbler, cobalah desain tumbler sesuai dengan positioning perusahaan dan buatlah desain simpel sehingga terlihat lebih berkelas. Jika desain tumbler yang Anda buat bagus dan sesuai dengan target market, mereka akan dengan senang hati memakainya ke mana pun mereka pergi. Dengan begitu, promosi bisnis Anda akan berjalan dengan baik sesuai dengan yang Anda inginkan.

Pulpen

Merchandise selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk media promosi adalah pulpen. Jenis merchandise ini bsasanya digunakan saat acara seminar, konferensi, meeting, pameran, dan lain sebagainya. Untuk membuat pulpen sebagai media promosi, Anda bisa menggunakan desain yang unik dan tambahkan logo perusahaan Anda di dalamnya. Dan perlu diingat, semakin unik desain pulpen, semakin banyak juga target market yang menginginkannya. Jadi, cobalah buat desain pulpen semenarik dan kreatif mungkin. Anda juga bisa menambahkan aksesoris pada pulpen tersebut, seperti tali yang bisa digantung di leher.

E-money

E-money atau uang elektronik saat ini menjadi kebutuhan berbagai kalangan. Di mana, dengan e-money, seseorang tidak perlu membawa uang cash atau tunai untuk melakukan pembayaran, mulai dari pembayaran di gerbang tol, pembayaran saat belanja, dan sebagainya. Hal ini menjadi salah satu peluang bagi Anda yang sedang ingin mencari merchandise sebagai media promosi. Jika Anda ingin membuat merchandise yang satu ini, cobalah buat desain e-money secara kreatif, unik, dan menarik.

Di atas adalah beberapa jenis merchandise yang bisa Anda pilih untuk mempromosikan bisnis ke masyarakat luas. Untuk membuat merchandise promosi, Anda bisa membuatnya dengan mudah melalui Printera. Di sini, Anda bisa membuat segala bentuk merchandise yang Anda butuhkan, mulai dari kaus, flashdisk, mug, tumbler, e-`money, pulpen, payung, dan sebagainya. Bagaimana mengenai kualitasnya? Printera menjamin kualitas yang diberikan.