Perbedaan Pemasaran dan Promosi yang Harus Anda Ketahui Sebagai Pengusaha

Sebagai seorang pengusaha, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah pemasaran dan promosi. Meski begitu banyak sekali pengusaha yang mengartikan kedua istilah tersebut sama. Padahal, pemasaran dan promosi memiliki arti dan tujuan yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini Printera akan menjelaskan beberapa perbedaan pemasaran dan promosi yang harus Anda ketahui.

Pengertian & Tujuan

Pemasaran atau marketing dapat diartikan sebagai proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberi informasi berupa keunggulan sebuah produk. Sedangkan, promosi merupakan kegiatan menawarkan produk atau jasa yang bertujuan untuk menarik calon konsumen agar mencoba dan membeli sebuah produk.

Kegiatan

Secara garis besar, pemasaran memiliki berbagai kegiatan dalam dunia bisnis yang bertujuan untuk memuaskan pelanggan atau konsumen. Di mana, kegiatan pemasaran meliputi perencanaan produk, penetapan harga, mempromosikan atau memperkenalkan produk, serta melakukan distribusi barang. Sedangkan promosi, memiliki kegiatan yang berfokus kepada penjualan produk yang bertujuan untuk meningkatkan angka penjualan produk.

Strategi

Dalam pemasaran, Anda akan lebih mengenal istilah marketing mix sebagai strategi pemasaran. Sedangkan dalam promosi, Anda akan mengenal istilah promotion mix. Dengan menggunakan strategi marketing mix, Anda dapat melakukan kegiatan pemasaran dengan menggunakan rumus 7P yang meliputi Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), Promotion (Promosi), People (Sumber Daya Manusia), Process (Aktivitas Bisnis), Physical Evidsence (Bukti Fisik Perusahaan). Sedangkan promotion mix merupakan salah satu variabel yang ada pada marketing mix dan memiliki 6 strategi yang mencakup iklan (advertising), promosi penjualan (sale promotion), publisitas (publicity), penjualan personal (personal selling), pemasaran langsung (direct marketing), dan media interaktif (interactive media).

Prioritas

Kegiatan pemasaran dan promosi juga memiliki perbedaan prioritas dalam memerhatikan brand image. Di mana, pemasaran akan selalu mementingkan dan menjaga brand image suatu produk di mata pelanggan atau target pasarnya. Hal ini bertujuan untuk mempertahan kualitas dan menjaga citra positif brand di mata pelanggan. Sedangkan, promosi pada umumnya tidak terlalu mementingkan brand image dan akan lebih mementingkan cara menarik konsumen untuk mencoba dan membeli produk yang ditawarkan.

Layanan

Dalam menjalankan kegiatan pemasaran layanan terbaik, khususnya layanan after sales  (sesudah transaksi pembelian) memiliki peran yang penting bagi kelangsungan suatu produk. Karena itulah kegiatan pemasaran sangat memprioritaskan kepuasan pelanggan sebelum atau sesudah transaksi dilakukan. Sedangkan untuk kegiatan promosi biasanya tidak terlalu mementingkan layanan karena hanya berfokus pada cara bagaimana bisa mendapatkan angka penjualan yang tinggi.

Itulah beberapa perbedaan antara kegiatan pemasaran dan promosi. Jadi kesimpulannya adalah pemasaran dan promosi merupakan dua kegiatan yang berbeda dan promosi termasuk dalam salah satu marketing mix atau strategi pemasaran. Di mana, tujuan pemasaran sebagai brand awareness dan promosi sebagai cara meningkatkan angka penjualan.

Untuk Anda yang ingin melakukan kegiatan promosi, khususnya promosi dengan media cetak, Anda dapat memanfaatkan Printera. Printera merupakan solusi terpadu yang membantu Anda memenuhi segala kebutuhan cetak bisnis mulai dari amunisi awal seperti membuat kartu nama, amplop, kop surat, stempel, dan sebagainya, hingga membuat merchandise seperti mencetak kaus, membuat mug, flashdisk, voucher, dan masih banyak lagi.

Dengan mencetak segala kebutuhan bisnis di Printera, Anda tidak perlu lagi meragukan hasil dan kualitas cetak. Di mana, Printera menjamin kualitas yang Anda dapatkan adalah kualitas terbaik. Anda juga akan diberikan Account Manager dan Design Manager yang akan memberikan solusi promosi bisnis. Jadi tunggu apalagi? Cetak segala kebutuhan bisnis Anda sekarang juga hanya di Printera.