Pentingnya Menentukan Target Pasar untuk Promosi Bisnis yang Maksimal & Efektif

Sebelum melakukan promosi bisnis, hal penting yang harus Anda lakukan adalah menentukan siapa target pasar bisnis Anda. Dengan memahami dengan jelas siapa target pasar, Anda menjadi lebih mudah dalam melakukan promosi bisnis. Dan sebaliknya, promosi bisnis akan lebih mudah mengalami kegagalan hanya karena tidak memahami dengan pasti siapa target pasar yang ingin dituju. Pada artikel kali ini, Printera akan membahas mengenai seberapa pentingnya menentukan target pasar untuk promosi bisnis yang maksimal.

Lebih Tepat Memilih Media Promosi

Dengan menentukan target pasar, Anda menjadi lebih mudah dalam menentukan media promosi yang tepat bagi bisnis. Misalnya Anda ingin membuat promosi untuk produk kecantikan, dan target pasar Anda adalah remaja perempuan usia 16-20 Tahun, maka Anda bisa memilih media promosi majalah khusus remaja, situs kecantikan, ataupun membagikan flyer di kampus sekitar. Kenapa target pasar menjadi penting? Karena tidak jarang sebuah perusahaan mempromosikan produknya di media-media yang tidak diminati oleh target pasarnya. Hal ini tentu menjadi sia-sia dan hanya membuang-buang anggaran promosi.

Menentukan Cara Berpromosi

Setiap orang memiliki ketertarikan masing-masing. Perbedaan inilah yang harus diperhatikan, jangan sampai Anda salah dalam menentukan cara berpromosi kepada target pasar. Dengan memahami target pasar dengan baik, Anda akan semakin mudah menentukan cara berpromosi yang tepat kepada target pasar Anda. Jika target pasar Anda adalah seorang remaja dan produk yang Anda tawarkan adalah produk kecantikan, Anda bisa membuat promosi dengan gambar yang menarik. Warna pastel juga bisa Anda pilih sebagai warna di media promosi. Anda juga bisa memberikan video tutorial di YouTube sebagai salah satu promosi produk kecantikan yang Anda jual. Membuat kuis di social media juga bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin meningkatkan engagement sekaligus awareness produk Anda. Jika Anda ingin melakukan promosi offline, Anda juga bisa melakukan promosi di kampus-kampus dengan membagikan flyer, mengikuti bazar kampus, dan masih banyak lagi.

Promosi di Waktu yang Tepat

Dengan mengetahui target pasar, Anda juga menjadi lebih mudah dalam menentukan waktu yang tepat dalam melakukan kegiatan promosi. Jangan sampai waktu promosi Anda tidak sesuai dengan target pasar, karena hal ini juga akan menjadi sia-sia. Melakukan promosi di waktu yang salah justru membuat target pasar Anda tidak melihat promosi yang sedang berlangsung. Misalnya, membuat promosi di kampus untuk produk kecantikan ketika mahasiswa sedang ujian atau libur. Agar tidak salah dalam menentukan waktu promosi, Anda bisa mencari informasi kecil-kecilan mengenai kegiatan target pasar Anda setiap harinya. Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan. Misalnya, jika ingin berpromosi di social media, Anda bisa mencari tahu mengenai kapan mereka membuka social media, saat sebelum berangkat kuliah atau saat makan siang? Berapa lama menggunakan Internet, dan sebagainya. Namun, jika media promosi yang Anda pilih adalah media offline, Anda bisa melakukan riset mengenai kemana mereka sering mencari produk sejenis? Kapan biasanya mereka membutuhkan produk Anda, dan sebagainya.

Itulah beberapa manfaat menentukan target pasar untuk promosi bisnis yang efektif. Dengan mengetahui target pasar dengan tepat, Anda menjadi lebih mudah dalam membuat dan menentukan promosi. Hal ini secara tidak langsung dapat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan produk. Untuk melakukan promosi offline melalui media cetak, Anda bisa memanfaatkan Printera sebagai solusi terpadu yang membantu Anda menyiapkan segala kebutuhan cetak untuk promosi bisnis. Mulai dari membuat stationery seperti kartu nama, kop surat, amplop, dan sebagainya, hingga membuat merchandise seperti kaus, mug, flashdisk, dan lain-lain.

Di Printera, Anda juga tidak perlu khawatir lagi mengenai kesalahan memilih promosi yang tepat. Karena Anda dapat berkonsultasi langsung dengan Account Manager yang membantu Anda menyediakan berbagai kebutuhan promosi bisnis. Anda juga bisa berkonsultasi mengenai kebutuhan desain materi promosi Anda dengan Design Manager. Jadi tunggu apalagi? Cetak segala kebutuhan bisnis Anda di Printera sekarang juga dan dapatkan kualitas cetak yang terbaik.