6 Strategi Pemasaran yang Dapat Anda Lakukan untuk Kembangkan Bisnis

Pemasaran atau marketing merupakan seluruh kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya, mulai dari merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan produk kepada target pasar maupun target potensial. Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis, pemasaran merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan, karena memasarkan produk sangat erat hubungannya dengan penjualan maupun pendapatan yang diperoleh. Pemasaran juga menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis, karena itulah kegiatan ini tidak boleh dianggap remeh. Jika Anda seorang pengusaha dan menginginkan bisnis Anda berkembang, Anda harus melakukan pemasaran dengan strategi yang tepat. Di bawah ini, kami akan jabarkan beberapa strategi pemasaran bisnis yang bisa Anda lakukan untuk memperkenalkan dan mengembangkan bisnis Anda.

Kenali Pasar dengan Baik

Sebelum melakukan pemasaran produk, Anda harus terlebih dahulu mengenali dan mengidentifikasi pasar yang ingin dituju. Siapa target pasar Anda? Berapa usianya? Di mana mereka tinggal? Apa yang mereka sukai? Berapa pendapatannya? Bagaimana kebiasaannya? Dan masih banyak lagi. Dengan mengetahui target pasar dengan baik, Anda dapat dengan mudah membuat strategi pemasaran dengan tepat. Misalnya, pelanggan Anda merupakan kalangan menengah atas, berarti Anda harus menawarkan sebuah kualitas produk. Karena target pasar Anda tidak akan peduli berapa uang yang mereka keluarkan. Namun, jika pelanggan Anda adalah kalangan menengah bawah, Anda harus mempromosikan barang yang murah dengan manfaat yang mereka butuhkan. Anda juga bisa memberikan potongan harga untuk menarik mereka di awal kegiatan pemasaran Anda.

Pilih Lokasi Strategis

Dalam memasarkan sebuah produk, lokasi merupakan hal penting yang harus Anda pikirkan. Pastikan lokasi yang Anda pilih dekat dengan target pasar Anda. Jika target pasar Anda adalah anak sekolah, Anda bisa memilih lokasi di dekat sekolah. Dengan pemilihan lokasi yang tepat, Anda akan lebih mudah mendapatkan pelanggan, sehingga membuat omzet bisnis terus meningkat. Dan perlu diingat, Anda juga harus memilih lokasi yang mudah dilihat oleh orang dan memiliki fasilitas yang cukup. Jika Anda menjual produk makanan, siapkan tempat makan yang pas dan lahan parkir yang cukup. Jangan sampai, pelanggan Anda harus mengantri makanan dengan keadaan yang tidak nyaman.

Buat Promosi Produk

Tidak ada salahnya membuat promosi produk di momen-momen tertentu seperti saat perayaan Natal, Tahun Baru, promosi spesial ulang tahun, dan sebagainya. Dengan adanya promosi produk, Anda dapat memperkenalkan produk dan menarik target pasar untuk datang ke toko ataupun bisnis Anda. Promosi ini sangat penting dilakukan, terutama jika Anda baru mengeluarkan produk baru. Anda dapat melakukan promosi di berbagai media, mulai dari media cetak maupun digital. Anda juga bisa mendapatkan media promosi secara gratis jika pelanggan Anda puas dengan produk maupun layanan Anda. Di mana, jika pelanggan puas, mereka akan membantu Anda mempromosikan produk Anda ke teman-teman mereka atau biasa disebut promosi mulut ke mulut (word of mouth).

Internet Marketing atau Online Marketing

Saat ini sedang tren strategi pemasaran melalui Internet atau sering dikenal dengan nama Internet marketing. Melakukan pemasaran melalui media Internet kini sangatlah penting dan dapat mendukung strategi promosi Anda. Dengan media Internet, Anda dapat dengan mudah berinteraksi dengan target pasar maupun pelanggan, sehingga Anda dapat dengan mudah mengetahui apa saja yang mereka inginkan dari produk yang ditawarkan. Strategi ini juga memiliki keuntungan lebih dibanding strategi lain, di mana pemasaran melalui Internet cukup murah jika dibandingkan strategi pemasaran lainnya. Untuk melakukan strategi pemasaran ini, Anda dapat memanfaatkan social media, website, hingga memanfaatkan pencarian mesin pencari atau lebih dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization). Dengan melakukan strategi pemasaran ini dengan baik, produk Anda akan lebih mudah dikenali dan dicari banyak orang.

Customer Relations Management

Mendapatkan pelanggan yang loyal terhadap bisnis akan lebih sulit dibanding dengan mendapatkan pelanggan baru. Untuk menciptakan pelanggan yang loyal, Anda harus menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Dalam bahasa pemasaran, strategi ini lebih dikenal dengan sistem manajemen pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM). Untuk melakukan strategi ini, Anda dapat membuat kartu membership khusus pelanggan loyal. Di mana, dengan kartu ini, pelanggan Anda akan mendapatkan harga spesial atau potongan harga khusus bagi mereka pemegang kartu member. Bukan hanya itu, Anda juga bisa memberikan diskon lebih besar ketika mereka membeli produk Anda di Hari ulang tahunnya. Selain dapat meningkatkan penjualan, pelanggan akan merasa diperhatikan. Hal ini tentu dapat membuat mereka menjadi pelanggan yang loyal.

Berikan Sampel Produk

Strategi pemasaran lain yang bisa Anda lakukan adalah memberikan sampel produk kepada target pasar ataupun potential customer. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk menarik konsumen. Dengan memberikan sampel produk, calon konsumen juga dapat mencoba produk yang Anda tawarkan secara gratis. Jika produk yang Anda tawarkan adalah jasa, Anda bisa memberikan free trial, atau jika produk Anda adalah barang, Anda bisa memberikan kemasan khusus sampling. Untuk melakukan strategi ini, Anda bisa langsung menawarkannya door to door atau saat sedang menjalankan pameran bisnis.  

Itulah beberapa strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan produk ataupun bisnis. Untuk melakukan promosi melalui media cetak, Anda dapat memanfaatkan Printera sebagai solusi terpadu yang membantu Anda menyediakan segala kebutuhan promosi cetak bisnis. Mulai dari membuat kop surat, kartu nama, merchandise, brosur, flyer, kalender, dan masih banyak lagi. Dengan mencetak kebutuhan promosi bisnis di Printera, Anda akan mendapatkan hasil cetak yang dijamin kualitasnya. Bukan hanya itu, Anda juga dapat melakukan konsultasi mengenai kebutuhan bisnis ataupun desain promosi yang sesuai dengan bisnis Anda. Jadi tunggu apalagi? Cetak segala kebutuhan bisnis Anda sekarang juga di Printera.