7 Cara Tepat Meningkatkan Angka Penjualan Bisnis dengan Mudah & Cepat

Setiap pengusaha yang menjalankan bisnis pasti berharap bisnisnya dapat menghasilkan omzet atau angka penjualan yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Namun, meningkatkan angka penjualan tidaklah mudah, apalagi jika bisnis Anda memiliki banyak pesaing atau kompetitor. Di mana, sebagai pengusaha yang memiliki banyak kompetitor, Anda dituntut untuk melakukan beberapa strategi agar omzet bisnis Anda terus meningkat. Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan angka penjualan dengan cepat.

Pastikan Kualitas Produk Anda

Kualitas produk merupakan hal penting pertama yang harus Anda perhatikan. Jika saat ini, bisnis Anda belum bisa memberikan kualitas produk yang baik, tugas Anda sebagai pengusaha adalah membuat sebuah inovasi produk baru. Dan jika produk Anda sudah cukup baik, pertahankan kualitas produk Anda. Dengan memberikan kualitas produk yang baik, konsumen akan secara otomatis menjadi pelanggan Anda yang loyal dan selalu melakukan pembelian produk pada bisnis Anda. Selain membuat pelanggan menjadi loyal, memiliki produk dengan kualitas yang baik juga dapat meningkatkan angka penjualan produk Anda.

Berikan Layanan Terbaik

Setelah memastikan kualitas produk, Anda juga harus memastikan bahwa  bisnis Anda telah memberikan layanan yang baik. Dengan memberikan layanan yang baik, konsumen akan mempertimbangkan bisnis Anda, apakah mereka akan membeli produk Anda atau tidak. Namun, jika Anda memberikan pelayanan yang buruk, konsumen akan malas untuk membeli di tempat Anda. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk memberikan pelayanan terbaik Anda, mulai dari pelayanan yang cepat, ramah, sopan, dan sebagainya. Anda juga bisa memberikan fasilitas tambahan yang membuat konsumen lebih nyaman, misalnya memberikan Internet gratis, request lagu, toilet yang bersih, dan masih banyak lagi.

Perhatikan Gerak-Gerik Kompetitor

Jika produk Anda ternyata memiliki pesaing yang cukup banyak, Anda dapat mulai melakukan pengamatan terhadap mereka. Cobalah mulai melihat apa saja yang telah mereka lakukan, promosi yang mereka buat, bagaimana pelayanan mereka, berapa harga yang mereka tawarkan, dan lain sebagainya. Jika Anda sudah mengetahui semua hal tersebut, Anda bisa mulai menirunya dan memodifikasinya sedikit untuk diterapkan langsung pada produk Anda. Misalnya, jika kompetitor memberikan harga yang lebih murah, Anda bisa memberikan harga yang sedikit lebih mahal namun memiliki kualitas yang lebih baik.

Lakukan Upsell Produk

Melakukan upsell produk berarti Anda harus memahami betul produk apa yang diminati konsumen. Anda bisa meletakkan produk yang menarik di dekat kasir. Sehingga, ketika konsumen Anda ingin melakukan pembayaran, mereka akan tertarik dengan produk yang diletakkan di dekat meja kasir. Jika Anda masih bingung mengenai produk apa yang ingin di-upsell, Anda bisa meletakkan produk yang sedang diskon atau sedang tren di kalangan target konsumen Anda.

Perluas Pasar

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan omzet penjualan adalah memperluas pasar bisnis. Namun, sebelum memperluas pasar, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari target pasar, harga produk sejenis di lokasi tersebut, persaingan pasar, dan sebagainya. Tanpa adanya riset pasar, Anda sama saja membuang-buang biaya tanpa hasil yang tidak pasti. Jadi, jika memperluas pasar adalah cara meningkatkan penjualan yang ingin Anda pilih, cobalah lakukan riset pasar secara tepat.

Tinjau Kembali Harga yang Ditawarkan

Mungkin saja angka penjualan Anda yang rendah dikarenakan harga produk yang terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan. Untuk itu, Anda harus meninjau kembali harga produk yang Anda tawarkan demi kestabilan dan perkembangan bisnis. Anda bisa mulai dengan melakukan riset atau survei penjualan, mulai dari menanyakan tanggapan masyarakat tentang produk Anda, bagaimana harga yang Anda tawarkan (mahal atau murah), bagaimana harga produk sejenis dipasaran, dan sebagainya. Jika survei Anda mendapatkan hasil harga yang Anda tawarkan terlalu mahal, Anda bisa saja memberikan diskon di momen tertentu kemudian berikan konsumen awareness atau edukasi mengenai manfaat dan kualitas produk Anda.

Buat Program Promosi

Membuat promosi bisnis merupakan cara lain yang bisa Anda tempuh untuk meningkatkan angka penjualan bisnis. Anda bisa membuat program promosi seperti beli 10 gratis 1, diskon harga, ataupun harga khusus di Hari Ulang Tahun. Anda juga bisa memilih media promosi yang ingin digunakan sesuai kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki. Apakah media promosi offline atau online. Jika Anda memiliki budget yang terbatas, Anda bisa memanfaatkan media online. Namun, jika budget promosi Anda cukup banyak dan menginginkan angka penjualan yang meningkat dengan cepat, Anda bisa memanfaatkan media promosi offline.

Media promosi offline mencakup pameran bisnis, membagikan flyer atau brosur, membuat merchandise produk, membuat kaus promosi, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang ingin melakukan promosi dengan mencetak beberapa hal di atas, Anda bisa memanfaatkan Printera. Printera merupakan solusi terpadu yang membantu Anda memenuhi segala kebutuhan promosi cetak lebih mudah dan cepat. Printera juga menyediakan Account Manager juga Design Manager yang memastikan hasil cetakan Anda memiliki kualitas yang terjamin. Jadi tunggu apalagi? Cetak segala kebutuhan bisnis Anda di Printera dan bersiaplah untuk mendapatkan angka penjualan yang terus meningkat.