5 Hal Penting yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Mengikuti Pameran Bisnis

Pameran bisnis merupakan salah satu strategi promosi yang sering digunakan oleh pengusaha, salah satunya pengusaha UMKM. Dengan mengikuti pameran bisnis, seorang pengusaha dapat memperkenalkan produknya sekaligus menarik calon konsumen untuk mencoba produk yang dipasarkan, sehingga dapat meningkatkan penjualan produk.

Namun, mengikuti pameran bisnis tidaklah bisa sembarangan. Anda harus mempersiapkannya dengan matang sebelum mengikuti pameran bisnis. Apalagi mengikuti pameran bisnis tidaklah murah. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk mengikuti pameran bisnis, cobalah persiapkan segalanya dengan matang. Di bawah ini akan kami jelaskan beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum mempersiapkan dan mengikuti pameran bisnis.

Pahami Tujuan dan Konsep Pameran

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum mengikuti pameran bisnis adalah memahami tujuan dan konsep pameran. Anda bisa mengetahui kedua hal tersebut melalui penyelenggara pameran tersebut. Dengan mengetahui secara pasti mengenai tujuan dan konsep pameran, Anda dapat lebih mudah mempelajari dan membuat strategi yang tepat untuk promosi di pameran tersebut. Bukan hanya itu, Anda juga dapat menentukan cara pelayanan saat pameran berlangsung, biaya yang harus Anda keluarkan, hingga menentukan target promosi dan penjualan yang ingin dicapai.

Ketahui Susunan Denah Booth

Setelah mengetahui tujuan dan konsep pameran, hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah susunan denah booth. Di mana, denah booth yang Anda pilih akan berpengaruh terhadap penjualan, jadi cobalah tanyakan kepada penyelenggara tentang booth yang paling potensial. Misalnya, booth dekat pintu masuk, booth dekat panggung utama, dan sebagainya. Namun, memilih tempat yang strategis dan banyak dikunjungi akan sangat berpengaruh terhadap biaya yang Anda keluarkan. Di mana, Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar, jadi tetaplah pilih booth yang sesuai dengan budget yang Anda miliki. Setelah mengetahui booth yang ingin Anda pilih, cobalah tanyakan kepada penyelenggara, apakah booth tersebut masih tersedia? Bagaimana sistem sewanya, apakah harian atau paket selama pameran, dan sebagainya.

Persiapkan Konsep & Media Promosi

Meski pameran bisnis hanya berlangsung beberapa hari, bukan berarti Anda harus mengabaikan konsep dan media promosi. Anda bisa mulai dengan mempersiapkan desain booth yang Anda pilih, kemudian tentukan juga apakah Anda akan membuat acara khusus selama pameran, seperti memberikan merchandise atau diskon spesial. Setelah semua hal ditentukan, Anda juga bisa mempromosikan produk yang Anda jual melalui media promosi seperti banner, flyer, brosur, dan sebagainya. Anda juga bisa memberikan informasi mengenai produk Anda yang sedang mengikuti pameran bisnis melalui social media. Dengan begitu, Anda bisa mengajak sekaligus memberikan informasi kepada followers Anda di social media. Hal ini tentu sangat menarik bagi mereka, apalagi jika Anda telah mempersiapkan berbagai promo atau diskon selama pameran berlangsung.

Buat Proses Transaksi Lebih Mudah

Siapa yang tidak senang dengan proses transaksi yang mudah, sederhana, dan juga cepat? Apalagi jika transaksi tersebut dilakukan saat pameran. Proses transaksi yang sulit dan lama hanya dapat membuat calon pelanggan atau pengunjung pameran pergi begitu saja. Jadi, cobalah buat transaksi tersebut semudah dan secepat mungkin. Dengan begitu, pengunjung pameran akan lebih tertarik untuk melihat dan mencoba produk Anda saat itu juga. Hal ini tentu bantu meningkatkan angka penjualan bisnis Anda selama pameran berlangsung. Untuk mempermudah proses transaksi selama pameran, Anda harus menyiapkan karyawan yang membantu Anda menjual produk selama pameran. Jangan lupa juga untuk menggunakan teknologi yang membantu Anda mengelola transaksi lebih mudah.

Pastikan Tim Memberikan Pelayanan yang Baik

Bisa Anda bayangkan bukan berapa banyak pengunjung yang akan datang selama pameran bisnis? Biasanya penyelenggara pameran menargetkan minimal 1000 pengunjung. Jadi, untuk mencegah hilangnya calon pelanggan, Anda harus mempersiapkan tim yang cukup dan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pengunjung pameran. Anda bisa membagi beberapa karyawan Anda menjadi beberapa tim, misalnya tim yang memberikan flyer dan menjemput pengunjung datang ke booth Anda, kemudian tim yang menjelaskan dan menjawab pertanyaan konsumen, hingga tim yang menyelesaikan transaksi hingga pembayaran selesai. Dengan membagi beberapa tim, mereka dapat lebih fokus, dan pelanggan pun lebih puas terhadap pelayanan tersebut. Karena mereka secara otomatis dapat menyelesaikan transaksi lebih cepat.

Dengan melakukan persiapan di atas, Anda dapat merencanakan pameran bisnis lebih mudah, sehingga pameran menjadi lebih matang dan membuat bisnis Anda semakin berkembang. Untuk persiapan media promosi saat pameran, Anda tidak perlu bingung apalagi kerepotan. Karena, dengan Printera, semua kebutuhan promosi selama pameran dapat Anda miliki dengan mudah. Printera adalah solusi terpadu yang membantu pengusaha dalam menyediakan seluruh media promosi cetak, mulai dari kebutuhan pameran, marketing, stationery, dan sebagainya.

Di Printera, Anda juga bisa mendapatkan media promosi dengan kualitas terbaik. Bukan hanya dalam segi hasil cetak, tapi juga kualitas dalam proses cetak. Mulai dari menentukan media apa saja yang digunakan, menentukan desain yang ingin dipakai, dan sebagainya. Kenapa? Karena Printera akan memberikan Anda Account Manager sekaligus Design Manager yang membantu Anda dalam menentukan media promosi yang sesuai dengan bisnis Anda. Jadi tunggu apalagi? Cetak segala kebutuhan bisnis Anda sekarang juga di Printera.