Sebelum Mulai Mencetak, Ketahui Dulu Perbedaan Warna RGB dan CMYK!

Apakah Anda pernah mendengar kata RGB dan CMYK? Sebagai seorang pengusaha Anda pasti masih merasa asing dengan kedua kata tersebut. Namun, ketika Anda ingin memulai untuk promosi melalui media cetak, Anda harus memahami dengan pasti kedua kata tersebut. RGB dan CMYK merupakan color model yang digunakan sebagai sistem pengaturan warna atau format bagaimana warna dihasilkan. RGB merupakan singkatan dari Red, Green, Blue. Sedangkan CMYK adalah Cyan, Magenta, Yellow, Black. Kedua sistem ini memiliki perbedaan, mulai dari fungsi, output, cara konversi format, dan sebagainya. Di bawah ini adalah beberapa perbedaan RGB dan CMYK yang harus Anda ketahui.

Metode Warna RGB Vs CMYK

RGB merupakan warna pokok additive melalui metode warna berdasar cahaya dengan kombinasi tiga warna yaitu Red, Green, dan Blue, yang bisa menghasikan warna lainnya. Sedangkan CMYK merupakan warna subtractive melalui metode warna berdasarkan pigmen atau zat warna. Cyan, Magenta, Yellow, dan Black atau CMYK bisa menghasilkan beragam warna, namun tidak dapat menghasilkan banyak warna seperti RGB.

Fungsi RGB Vs CMYK

RGB merupakan warna dasar yang berfungsi untuk berbagi intensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar belakang yang gelap (hitam). Di mana, warna RGB cocok digunakan sebagai presentasi gambar dan visual pada media elektronik seperti layar handphone, komputer, televisi, ataupun fotografi. Sedangkan CMYK merupakan warna yang dapat digunakan untuk menyimbangkan warna dengan latar belakang putih seperti kertas. Karena itulah, CMYK cocok digunakan dalam proses printing atau percetakan.

Output Warna RGB & CMYK

Warna RGB akan menghasilkan output  warna yang lebih terang dan jelas, serta menghasilkan file dengan kapasitas yang lebih kecil dibanding warna CMYK. Namun, ketika Anda ingin mencetak hasil desain dengan warna RGB, Anda harus melakukan konversi terlebih dahulu ke dalam format CMYK. Hal ini dikarenakan printer dan mesin percetakan hanya mengenal warna CMYK sebagai model warna dari kalibrasi mesin cetak.

Itulah ketiga perbedaan warna RGB dan CMYK. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk mencetak media promosi pastikan warna yang Anda gunakan adalah warna CMYK. Jika Anda masih bingung menggunakan warna ini, Anda bisa memanfaatkan Printera sebagai solusi terpadu yang membantu Anda mencetak segala kebutuhan bisnis. Dengan Printera, Anda tidak perlu lagi memikirkan cara melakukan konversi warna, Anda hanya perlu memberi informasi mengenai desain yang ingin Anda buat atau memberikan hasil desain yang telah Anda buat. Jadi tunggu apalagi? Cetak segala kebutuhan bisnis Anda di Printera sekarang juga!