9 Jenis Kertas yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mencetak Media Promosi

Kertas merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum Anda mencetak media promosi. Dengan memahami jenis kertas yang akan digunakan, Anda akan lebih mudah menentukan hasil akhir cetakan yang akan dibuat. Jenis kertas di dunia percetakan tidaklah satu atau dua jenis, namun ada cukup banyak jenis kertas yang juga memiliki karakter berbeda-beda. Di mana, jenis kertas yang digunakan untuk poster tidak sama dengan jenis kertas untuk banner, dan sebagainya. Di bawah ini adalah beberapa jenis kertas yang harus diketahui sebelum Anda memutuskan untuk mencetak media promosi bisnis.

HVS

Nama HVS berasal dari Bahasa Belanda yaitu houtvrij schrijfpapier yang berarti kertas tulis bebas serat kayu. Permukaan kertas ini bersifat kasar dan mempunyai daya serap yang tinggi, karena itulah kertas ini biasa digunakan untuk mencetak dokumen atau fotokopi. Jenis kertas ini memiliki beberapa jenis ketebalan yaitu 70 gsm untuk kebutuhan fotokopi dan cetak dokumen, 80 gsm untuk cetak makalah, skripsi atau tugas penting, dan 100 gsm untuk cetak dokumen dengan kualitas gambar yang lebih bagus.

Art Paper

Art paper merupakan jenis kertas yang mempunyai permukaan licin dengan lapisan yang mengkilap, serta memiliki daya serap yang rendah. Meski memiliki permukaan yang licin, hasil cetak yang didapat akan menjadi lebih bagus karena tekstur kertasnya yang halus. Jenis kertas ini biasanya digunakan untuk mencetak flyer, majalah, kalender, poster, brosur, dan sebagainya. Ada beberapa tingkat atau gramatur kertas art paper, yaitu 85 gr, 100 gr, 115 gr, 120 gr, hingga 150 gr.

Art Cartoon

Jenis kertas art cartoon memiliki sifat yang sama dengan art paper. Bedanya, art cartoon memiliki ketebalan lebih dibanding art paper. Karena ketebalannya inilah, jenis kertas art cartoon biasanya digunakan untuk mencetak kartu nama, cover buku, map, katalog, dan sebagainya. Gramatur yang dimiliki jenis kertas ini mulai dari 190 gr hingga 400 gr.

Ivory

Jenis kertas ini hampir sama dengan art cartoon, di mana keduanya memiliki ketebalan dan permukaan kertas yang halus. Namun, jenis kertas ivory memiliki warna yang lebih buram dan hanya satu sisi yang memiliki permukaan halus. Jenis kertas ini cocok digunakan untuk mencetak poster, paper bag, buku agenda, ataupun kemasan produk makanan seperti paper tray. Untuk gramaturnya sendiri, jenis kertas ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari 210 gr hingga 400 gr.

Dupleks

Kertas ini memiliki warna berbeda di dua permukaannya, di mana satu sisi bewarna putih dan sisi lainnya bewarna abu-abu. Kertas dupleks biasanya digunakan untuk mencetak dus pembungkus makanan atau obat-obatan, dan memiliki gramatur mulai dari 230 gr, 250 gr, 270 gr, 300 gr, 250 gr, hingga 500 gr.

Fancy Paper

Pasti Anda pernah melihat kertas undangan bukan? Fancy paper merupakan kertas yang biasa dipakai untuk mencetak undangan pernikahan. Jenis kertas ini memiliki tekstur yang unik, baik ragam, karakter, maupun warnanya. Karena itulah, penggunaan jenis kertas ini akan memberi kesan premium. Jenis kertas ini bermacam-macam, mulai dari jasmine, hawaii, millenium, java emboss, dan masih banyak lagi. Untuk gramaturnya sendiri, jenis kertas ini memiliki gramatur mulai dari 80 gr hingga 300 gr.

Corugated

Jenis kertas ini memiliki bentuk hampir sama dengan kardus, namun memiliki lapisan kertas yang begelombang didalamnya dan lebih tipis. Jenis kertas ini biasanya digunakan untuk kemasan produk atau kartu undangan eksklusif. Kelemahannya, jenis kertas ini hanya tersedia warna cokelat saja, sehingga akan lebih sulit untuk dikreasikan. Dan jika dicetak bewarna, kertas ini biasanya dilapisi ketas lain seperti HVS atau art paper.

Yellow Board

Kertas jenis ini hampir sama dengan jenis kertas corugated. Kertas yang cukup tebal ini biasanya digunakan sebagai rangka undangan jenis hard cover. Yellow board merupakan jenis kertas yang tidak dapat dicetak dengan metode percetakan offset, dan perlu dilapisi kertas lain ketika proses mencetak, seperti kertas art paper atau dupleks. Jenis kertas ini memiliki gramatur YB 40 dan TB 30.

Concorde

Kertas ini memiliki permukaan yang penuh dengan serat bergaris dan bergelombang tidak beraturan. Kertas ini biasanya digunakan untuk mencetak kartu nama, booklet, kop surat, dan amplop. Jenis kertas ini agak lembek, sehingga akan terlihat sedikit patah-patah pada teksturnya ketika kertas ini dilipat. Kertas concorde memiliki 2 gramatur, yaitu 120 gsm dan 250 gsm.

Itulah beberapa jenis kertas beserta karakteristiknya yang harus Anda ketahui sebelum mencetak media promosi dan branding. Dengan mengetahui jenis dan karakteristik kertas, Anda dapat memilih kertas yang tepat untuk setiap masing-masing media promosi bisnis. Printera merupakan solusi terpadu yang menyediakan berbagai jenis kertas yang dapat Anda pilih dalam pembuatan media promosi bisnis. Segera cetak media promosi cetak Anda sekarang juga di Printera.