Pentingnya Mengikuti Pameran Bisnis Bagi Pengembangan Bisnis UMKM Anda

Pameran bisnis merupakan salah satu strategi pemasaran yang paling efektif untuk dilakukan dan diikuti, khususnya bagi pelaku bisnis UMKM. Selain untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk, pameran bisnis juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan. Bukan hanya itu, mengikuti pameran bisnis juga membantu Anda mendapatkan pelanggan baru hingga mendapat investor bisnis. Di bawah ini akan kami jelaskan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti pameran bisnis.

Produk Semakin Dikenal

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pameran bisnis merupakan salah satu strategi efektif bagi Anda yang ingin memperkenalkan produk ke masyarakat secara luas. Di mana, saat ini banyak sekali pameran bisnis diadakan, mulai dari skala kecil, nasional, hingga internasional. Bukan hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan pameran bisnis sebagai ajang memperkenalkan inovasi ataupun produk baru.

Penjualan Meningkat

Dalam pameran bisnis biasanya event organizer sudah memiliki target pengunjung, dan biasanya angka pengunjung bisa hingga ribuan orang. Bisa Anda bayangkan bukan berapa calon pelanggan potensial yang akan melirik produk Anda. Hal inilah yang memengaruhi meningkatnya angka penjualan produk Anda. Untuk mengoptimalkan penjualan, Anda juga bisa memberikan diskon, merchandise spesial, atau bonus menarik lainnya.

Koneksi Bisnis Bertambah

Sebuah pameran bisnis yang ternama biasanya akan mengundang berbagai pihak terkait yang mendukung perkembangan bisnis, mulai dari calon pelanggan, supplier, distributor, media, hingga investor. Hal inilah yang bisa menjadi peluang bagi Anda untuk menambah koneksi bisnis. Jadi, persiapkan dengan baik pameran ini untuk menarik mereka datang dan ingin menjalin kerja sama dengan bisnis Anda di masa datang. Jangan lupa untuk selalu bawa kartu nama di setiap pameran bisnis yang akan Anda ikuti.

Produk Menjadi Lebih Baik

Ada ribuan pengunjung yang akan datang dalam pameran bisnis, namun tidak semua pengunjung akan membeli produk Anda. Disinilah Anda harus bertugas, cobalah amati segala aktivitas pengunjung, mulai dari pengunjung yang datang ke booth Anda ataupun ke booth lainnya. Cobalah untuk melakukan survei atau riset dengan melihat produk sejenis, dan bandingkan dengan produk yang Anda tawarkan. Dengan begitu, Anda bisa mencari tahu kelebihan dan kekurangan produk Anda di mata konsumen. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan produk, Anda akan menjadi lebih mudah dalam membuat inovasi produk ataupun menentukan strategi bisnis baru.

Membuat Strategi Secara Tepat

Dengan mengikuti pameran bisnis, Anda akan lebih mudah mengetahui tren pasar yang sedang diminati banyak orang. Cobalah untuk lihat dan seberapa banyak pengunjung yang datang mengunjungi booth Anda. Semakin banyak pengunjung yang datang, semakin besar juga peluang diterimanya produk Anda di mata pelanggan. Meski tidak mencerminkan keseluruhan pasar, memperhatikan pelanggan yang datang juga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam mengevaluasi ataupun membuat strategi bisnis baru.

Mendapatkan Modal Tambahan

Pameran bisnis bukan hanya membantu meningkatkan angka penjualan, tapi juga bisa menarik minat investor untuk menanamkan modal ke bisnis Anda. Jadi, jika Anda berniat untuk mengikuti pameran bisnis, jangan lupa untuk selalu membawa business plan yang telah Anda buat. Dengan begitu, ketika ada investor potensial yang datang ke booth Anda dan tertarik untuk menanamkan modalnya ke bisnis, Anda bisa langsung menjelaskan secara singkat mengenai bisnis Anda dan program yang telah Anda rencanakan di masa datang.

Viral Marketing

Pernah terbayangkan bagaimana jadinya jika produk Anda menjadi viral dan terkenal di dunia digital atau online? Ternyata mengikuti pameran bisnis juga bisa membuat produk Anda menjadi viral dan dibicarakan banyak orang melalui social media atau media digital lainnya. Untuk menjadikan produk Anda menjadi viral, Anda bisa membuat booth yang unik dan menarik sehingga banyak pengunjung yang ingin berfoto dan meng-upload-nya melalui social media. Anda juga bisa mulai dengan membuat promosi khusus yang mengajak pengunjung untuk meng-upload fotonya di social media untuk mendapatkan diskon atau harga khusus.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti pameran bisnis. Sebelum mengikuti pameran bisnis, cobalah untuk mencari jenis pameran dan tema pameran yang sesuai dengan bisnis Anda. Pastikan juga target pengunjung pada pameran tersebut cukup banyak. Dalam mengikuti pameran bisnis, Anda juga tidak boleh untuk melupakan media promosi yang harus dibawa saat pameran. Dengan dukungan media promosi saat pameran berlangsung, Anda dapat dengan mudah memperkenalkan produk Anda ke pengunjung pameran.

Untuk mencetak segala kebutuhan promosi saat pameran, Anda bisa memanfaatkan Printera. Printera adalah solusi terpadu yang membantu Anda dalam menyiapkan seluruh media promosi cetak dengan lebih mudah dan kualitas yang terjamin. Cetak sekarang juga di Printera dan dapatkan hasil cetak terbaik.