4 Alasan Kartu Nama Masih Menjadi Hal Penting dalam Kemajuan Bisnis Sekarang Ini

Di era digital seperti saat ini, mungkin banyak orang yang telah mengabaikan kartu nama sebagai business tool. Padahal, kartu nama sangat diperlukan, khususnya untuk seorang pengusaha yang membutuhkan relasi atau networking yang cukup banyak dan luas. Selain sebagai tanda pengenal, kartu nama juga bisa memberikan kesan profesionalisme di mata pelanggan, supplier, maupun rekan bisnis. Di bawah ini akan kita bahas mengenai pentingnya kartu nama untuk kemajuan bisnis.

Lebih Mudah Bertukar Informasi

Mungkin sebagian orang menganggap bertukar informasi lewat kartu nama sudah ketinggalan zaman. Namun, sebagai pengusaha, bertukar informasi melalui kartu nama akan memberikan kesan positif dan profesional dibanding harus bertukar nomor ponsel atau alamat email secara verbal. Jadi, sebelum membuat kartu nama usahakan seluruh informasi yang dibutuhkan pelanggan, supplier, atau partner bisnis tersedia di dalam kartu nama, seperti nama perusahaan, nama Anda, produk/jasa yang ditawarkan, alamat kantor, nomor telepon kantor, nomor handphone Anda, email, ataupun alamat website yang memudahkan mereka mencari tahu tentang bisnis Anda.

Jika bisnis Anda bisa dicari melalui social media, Anda juga bisa menambahkan informasi mengenai akun social media bisnis di dalam kartu nama.

Terlihat Lebih Profesional

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa adanya kartu nama bisa membuat Anda dan perusahaan terlihat lebih profesional. Di mana, calon pelanggan ataupun partner akan menilai bisnis pertama kali melalui luarnya.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memberikan kartu nama dengan desain terbaik dan meyakinkan, sehingga dapat memberikan kesan profesional. Dengan begitu, calon pelanggan ataupun partner akan lebih memercayai bisnis Anda, sehingga dapat mendorong kerja sama ataupun transaksi pembelian. Anda juga bisa menambah kesan profesional dengan memberikan kartu nama dengan kedua tangan, meski terlihat terlalu formal, ini bisa menjadi awal yang baik bagi mereka melihat kepribadian Anda.

Setelah kartu nama diterima, Anda bisa menyampaikan beberapa hal terkait bisnis yang sedang Anda jalankan. Jika Anda menerima kartu nama dari partner bisnis, Anda juga bisa menanyakan beberapa pertanyaan umum mengenai bisnis.

Kemudian, simpanlah kartu nama di tempat yang layak. Selain agar tidak mudah rusak, menyimpan kartu nama di tempat yang tepat juga bisa membuat mereka merasa lebih dihargai.

Media Promosi yang Efektif

Banyak pengusaha yang menghabiskan uang bisnis lebih banyak ke email marketing, SEO, iklan, ataupun media lainnya dan mengabaikan kartu nama sebagai media promosi. Padahal, dengan adanya kartu nama bisnis, perusahaan bisa mendapatkan lead ataupun prospek yang lebih baik dibanding media berbayar lainnya.

Anda bisa mendapatkan lead potensial dengan melakukan pertemuan secara langsung dan bertukar kartu nama setiap saat ketika berada pada pameran, seminar, ataupun acara bisnis lainnya. Dengan bertukar kartu nama, Anda tidak akan melewatkan kesempatan untuk mendapatkan koneksi bisnis yang potensial kapan saja dan di mana saja.

Jadi, pastikan untuk selalu membawa kartu nama setiap Anda pergi ke acara bisnis.

Kesan Positif Bagi Brand atau Produk

Siapa yang tidak ingin mendapatkan kesan pertama yang baik saat bertemu dengan seseorang yang berpotensi untuk menjadi prospek atau koneksi bisnis? Sebuah kartu nama yang unik dan memorable dapat melakukan lebih dari sekedar memberi informasi bisnis. Dengan memberikan kartu nama yang unik, Anda tidak akan pernah kehabisan bahan pembicaraan dengan calon pelanggan maupun partner bisnis.

Hal ini terjadi karena mereka akan lebih tertarik dengan bisnis Anda dan akan menanyakan berbagai hal mengena bisnis. Meski menghabiskan biaya cukup besar, memberikan kartu nama yang unik dapat menciptakan kesan pertama yang luar biasa hingga calon pelanggan dan partner akan tertarik dengan bisnis Anda.

Jadi, jangan pernah mengabaikan kartu nama untuk kemajuan bisnis Anda.

Itulah beberapa alasan kartu nama penting dimiliki oleh pengusaha atau pemilik bisnis. Dengan kartu nama, Anda tidak perlu repot mencari pulpen ataupun kertas saat bertemu dengan partner atau pelanggan potensial. Selain merepotkan, hal tersebut tentu tidak menunjukkan kesan profesional Anda sebagai pengusaha.