Ingin Perusahaan Memiliki Kredibilitas Tinggi? Miliki 5 Etika Bisnis Berikut Ini!

Apa Anda sedang menjalankan suatu bisnis dan berharap bisnis Anda memiliki kredibilitas tinggi? Salah satu cara menentukan apakah perusahaan memiliki kredibilitas atau tidak dapat dilihat dari diri Anda sendiri sebagai pengusaha ataupun orang yang terjun langsung di dunia bisnis. Di mana, sebagai pengusaha yang baik, Anda harus memiliki etika bisnis. Dengan memahami dan mempraktekan etika bisnis yang baik, bisnis Anda akan lebih mudah berkembang dan memiliki citra positif di mata pelanggan.

Tapi tahukah Anda apa itu etika bisnis? Etika bisnis merupakan cara Anda sebagai pengusaha melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, dan juga masyarakat. Di bawah ini akan kami jabarkan beberapa etika bisnis yang harus Anda miliki untuk mengembangkan bisnis.

Kenalkan Diri Anda dengan Baik & Jelas

Kesan pertama biasanya akan selalu melekat dan diingat dengan baik. Seorang pengusaha yang memahami etika bisnis, pasti akan mengerti akan hal tersebut. Jadi, jika Anda ingin menanamkan kesan pertama yang baik, cobalah untuk selalu memperkenalkan diri Anda dengan baik dan jelas. Dalam perkenalan, Anda juga harus menyebutkan nama Anda secara lengkap. Namun, jika nama terlalu panjang, Anda bisa menyingkatnya sedikit. Dengan menyebutkan nama secara lengkap, Anda telah berhasil menunjukkan bahwa Anda adalah pengusaha dengan etika bisnis yang baik.

Perkenalkan Diri dengan Posisi Berdiri

Sebagai pengusaha yang memiliki etika baik, Anda harus menghindari posisi duduk saat memperkenalkan diri ke pelanggan ataupun rekan kerja. Untuk meningkatkan citra positif perusahaan Anda, cobalah memperkenalkan diri Anda dengan posisi berdiri dan gunakan bahasa yang sopan. Jika tidak memungkinkan untuk berdiri, Anda bisa memundurkan kursi dan lakukan perkenalan dengan sedikit membungkung.

Tawarkan untuk Berjabat Tangan

Saat melakukan pertemuan bisnis, di awal atau di akhir pertemuan, cobalah tawarkan rekan kerja ataupun pelanggan Anda untuk berjabat tangan dengan Anda. Jangan pernah ragu untuk mengulurkan tangan Anda untuk berjabat tangan ketika bertemu dengan siapapun, rekan kerja ataupun pelanggan. Dengan begitu, mereka akan melihat sikap sederhana pada diri Anda dan tentunya sangat berpengaruh pada nilai etika bisnis Anda.

Ucapkan Terima Kasih Secukupnya

Mengucapkan terima kasih merupakan salah satu hal penting dalam menjalankan etika bisnis. Misalnya, ketika Anda diundang ke suatu acara, Anda bisa mengatakan “terima kasih telah diundang”, atau ketika seorang pelanggan memutuskan untuk membeli produk yang Anda tawarkan, jangan lupa untuk mengucapkan “terima kasih telah percaya pada produk kami”, dan sebagainya. Namun, dalam pengucapan terima kasih, janganlah berlebihan, Anda hanya cukup mengucapkannya satu atau dua kali saja. Karena jika Anda berlebihan dalam mengucapkan terima kasih, mereka akan memandang bahwa Anda sangat membutuhkan bantuan mereka.

Perhatikan Penampilan Ketika Pertemuan Bisnis

Memiliki jadwal meeting dengan pelanggan? Jangan pernah abaikan penampilan Anda. Karena penampilan merupakan poin utama yang bisa dinilai pelanggan ataupun rekan kerja Anda. Jadi, sebelum berangkat meeting, cobalah perhatikan penampilan Anda dari atas hingga bawah. Sesuaikan penampilan Anda dengan acara yang ingin Anda kunjungi. Jika Anda ingin melakukan prospek ke pelanggan, Anda bisa menggunakan atasan kemeja. Namun, jika Anda ingin menemani pelanggan di acara ulang tahun perusahaannya, cobalah gunakan jas sebagai pelengkap kemeja Anda.

Hindari Menggunakan Ponsel Saat Meeting

Sebagai pengusaha yang memiliki etika baik, pasti Anda mengerti bahwa meeting merupakan pertemuan penting antara Anda dengan pelanggan ataupun Anda dengan rekan bisnis. Menggunakan ponsel ketika meeting sama halnya dengan Anda tidak menghargai dan tidak memperhatikan mereka sebagai lawan bicara Anda. Jadi, usahakan untuk tidak menggunakan ponsel selama meeting berlangsung. Simpan ponsel Anda di dalam tas dan gunakan mode silent agar tidak mengganggu konsentrasi selama meeting berlangsung.

Gunakan Social Media Sewajarnya

Di zaman digital seperti sekarang siapa yang tidak memiliki social media? Social media memiliki banyak manfaat terutama bagi Anda seorang pengusaha. Namun, social media juga bisa menjadi bumerang bagi diri Anda sendiri jika tidak bisa mengelolanya dengan baik. Tidak sedikit orang yang menggunakan social media sebagai tempat bercerita masalah pribadi dan mengeluarkan keluh kesah. Namun, jika Anda adalah seorang pengusaha yang memiliki etika bisnis, Anda pasti memahami risiko apa yang akan Anda terima jika melakukan hal-hal tersebut melalui social media. Jadi, mulai sekarang cobalah lebih bijak dalam menggunakan social media. Hindari mem-posting masalah pribadi dan mulailah untuk manfaatkan social media sebagai media promosi bisnis Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih profesional di mata pelanggan ataupun rekan bisnis.

Itulah beberapa etika bisnis yang harus Anda miliki ketika berharap bisnis Anda berkembang dan memiliki kredibilitas tinggi. Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan dengan membagikan kartu nama saat di awal pertemuan. Meski terlihat tradisional, memberi kartu nama di awal pertemuan akan memberikan kesan positif dan dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan. Untuk mencetak kartu nama dengan kualitas terjamin, Anda dapat memanfaatkan Printera.

Printera merupakan solusi terpadu yang membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan cetak bisnis. Printera juga memiliki layanan dan produk percetakan lengkap, mulai dari kebutuhan stationery, promosi, marketing, hingga pembuatan merchandise. Untuk kualitas? Tidak perlu khawatir, Printera menjamin kualitas cetak yang Anda terima adalah kualitas terbaik. Jadi tunggu apalagi? Cetak segala kebutuhan bisnis Anda di Printera sekarang juga!