5 Tips Jitu Untuk Mendesain Kaus Sebagai Media Promosi Bisnis yang Efektif

Promosi merupakan salah satu kegiatan bisnis yang dilakukan perusahaan untuk memperkenalkan produk dan bisnisnya kepada khalayak secara luas. Tanpa adanya promosi, perusahaan akan kesulitan dalam memperkenalkan produknya. Membuat dan membagikan kaus ke target audience atau pelanggan adalah salah satu media promosi yang bisa dilakukan perusahaan untuk memperkenalkan bisnisnya. Kaus bisa menjadi media promosi yang efektif, di mana kaus dapat digunakan oleh penerimanya kapan dan di mana saja, sehingga eksistensi produk dan bisnis dilihat khalayak luas akan semakin besar.

Namun, keefektifan kaus sebagai media promosi tergantung dengan desain kaus itu sendiri. Jadi, sebelum membuat kaus sebagai media promosi, cobalah perhatikan desain kaus yang akan Anda buat. Dengan begitu, kaus menjadi lebih efektif digunakan sebagai media promosi. Di bawah ini akan kami jelaskan beberapa tips mendesain kaus sebagai media promosi yang efektif.

Pilih Jenis Bahan

Sebelum membuat kaus, cobalah perhatikan jenis kaus yang akan Anda gunakan. Pilihlah jenis bahan yang memiliki kualitas baik dan nyaman digunakan. Dengan begitu, target audience atau orang yang menerima kaus promosi akan menggunakannya dengan nyaman kapan dan di mana saja. Hal ini tentu dapat membuat produk atau bisnis Anda akan terlihat lebih sering. Dalam pemilihan kaus, jangan pernah hanya berpatokan dengan bahan kaus yang tebal, karena tidak semua kaus berbahan tebal memiliki kualitas yang baik, dan tidak semua kaus berbahan tipis memiliki kualitas buruk.

Perhatikan Warna yang Dipilih

Untuk menarik perhatian orang yang melihat kaus promosi Anda, cobalah pilih warna yang cerah. Kombinasikan warna yang pas, sehingga kaus yang Anda buat akan terlihat lebih menarik dan eye-catching. Anda bisa menggunakan satu warna pada kaus, dan mengombinasikan beberapa warna pada sablon dan juga pesan yang ada pada kaus. Dengan kombinasi yang pas, target audience akan lebih tertarik pada kaus promosi Anda dan akan melihat secara detail apa pesan dan informasi yang ingin disampaikan pada kaus tersebut. Dalam pemilihan warna, cobalah untuk menghindari warna hitam, selain tidak menarik, warna hitam juga bisa membuat orang tidak fokus membaca pesan didalamnya.

Pesan yang Jelas & Mudah Dipahami

Dalam menulis pesan pada kaus promosi, cobalah untuk menulis pesan yang jelas dan mudah dipahami. Anda tidak perlu menulis pesan terlalu banyak, karena hal ini hanyalah sia-sia dan tidak mungkin dibaca oleh orang yang melihatnya. Dalam membuat kaus, Anda harus membuat pesan secara ringkas dan padat. Jika pesan pada kaus promosi Anda menarik, target audience yang melihatnya akan secara otomatis akan mendatangi bisnis Anda saat mereka sedang membutuhkan produk yang Anda tawarkan.

Informasi Tambahan pada Kaus

Dalam mendesain kaus yang efektif, Anda juga bisa menambahkan sedikit informasi mengenai produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan, seperti logo beserta tagline produk. Di era digital seperti sekarang, Anda juga bisa menambahkan kontak yang bisa dihubungi seperti email, website, dan akun social media bisnis. Hindari untuk menambahkan nomor telepon pada desain kaus, karena kebanyakan orang akan menghubungi aset digital terlebih dulu ketika mereka mulai tertarik dengan bisnis atau produk yang Anda tawarkan.

Perhatikan Pemilihan Font atau Huruf

Dalam mendesain kaus, hal penting lain yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan huruf atau font. Hindari pemilihan font yang sulit dibaca, karena hanya akan membuat pesan yang disampaikan tidak tepat sasaran. Setelah font dipilih, Anda juga harus menentukan standar ukuran font, di mana ukuran yang dipilih harus dapat dilihat oleh mata dalam jarak beberapa meter. Selain itu, pemilihan warna font juga sangat penting, pastikan Anda memilih warna font yang kontras dengan warna dasar baju yang telah Anda pilih. Jika hal tersebut sudah dilakukan dengan benar, kaus promosi Anda akan lebih mudah diterima dengan baik secara visual oleh orang yang melihatnya.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas saat mendesain kaus promosi, kegiatan branding bisnis Anda akan menjadi efektif dan sesuai dengan tujuan promosi yang telah Anda tentukan di awal. Untuk membuat desain promosi yang sesuai dengan tips di atas, Anda dapat mempercayakan desain kaus Anda kepada Printera. Printera adalah solusi terpadu yang mempermudah Anda dalam memenuhi kebutuhan cetak bisnis, salah satunya adalah kaus promosi. Dengan Printera, Anda akan diberikan satu Design Manager personal yang dapat membantu Anda dalam membuat desain promosi yang cocok dan sesuai dengan tujuan promosi Anda. Cetak segala kebutuhan promosi cetak bisnis Anda sekarang juga hanya di Printera.