Tips Membuat dan Mencetak Kalender Sebagai Media Promosi Bisnis

Sebentar lagi kita akan memasuki kuartal ke-4 Tahun 2018, itu berarti Tahun akan segera berganti. Di kuartal ke-4 ini banyak perusahaan yang mulai membuat kalender sebagai media promosi ke klien, pelanggan, supplier, ataupun target pasar potensial lainnya. Kalender yang memiliki masa hingga 1 Tahun ini dipercaya bisa menjadi media promosi yang efektif. Selain akan sering dilihat tiap harinya, kalender juga bisa meningkatkan awareness terhadap bisnis. Karena itulah, sebelum mencetak kalender sebagai media promosi, Anda harus memikirkan dengan matang, bagaimana desain kalender yang cocok untuk bisnis Anda dan pesan apa yang ingin disampaikan. Di bawah ini Printera akan memberikan beberapa tips membuat kalender sebagai promosi bisnis.

Tentukan Pesan yang Ingin Disampaikan

Hal pertama yang harus Anda tentukan adalah apa pesan yang ingin disampaikan kepada target pasar Anda? Coba pikirkan dengan matang mengenai pesan tersebut. Pilihlah pesan yang masih bisa diterima dan relevan hingga 1 Tahun ke depan. Misalnya keuntungan menggunakan produk Anda. Gunakan juga bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca atau penerima kalender Anda.

Pilih Warna yang Sesuai dengan Bisnis

Pemilihan warna dalam membuat desain kalender menjadi salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan. Gunakan warna yang sesuai dengan bisnis Anda. Jika bisnis Anda bergerak di industri mainan anak, Anda bisa menggunakan warna yang ceria, atau jika target pasar Anda adalah seorang perempuan muda dan feminin, Anda bisa membuat kalender dengan warna pink atau biru. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa warna tersebut cocok dengan esensi warna bisnis Anda. Jangan sampai logo Anda memiliki warna biru, dan Anda memberikan desain kalender dengan warna pink. Hal ini tentu saja dapat membuat pelanggan Anda bingung dan sama sekali tidak mencerminkan citra bisnis.

Gunakan Foto Terbaik

Kalender memiliki masa pakai hingga 1 Tahun, jadi jangan pernah sia-siakan media promosi ini. Gunakan foto-foto terbaik yang Anda miliki untuk promosi yang efektif. Misalnya saat bisnis Anda berhasil meraih award atau ketika bisnis Anda mengikuti event dan memiliki banyak pengunjung. Pilihlah foto yang dapat meningkatkan citra perusahaan dan dapat menjelaskan mengenai produk ataupun bisnis Anda.

Berikan Sedikit Ruang untuk Catatan

Selain untuk melihat hari dan tanggal, kalender juga bisa menjadi sarana untuk mencatat hari atau agenda penting bagi seseorang. Jadi, selain memberikan desain dan konten yang informatif, cobalah berikan sedikit ruang sebagai catatan kecil untuk penerima kalender Anda menuliskan hari penting atau agenda lainnya. Hal ini tentu sangat bermanfaat bukan? Bukan hanya untuk media promosi, tapi juga bermanfaat bagi penerimanya.

Perhatikan Ukuran Kalender

Sebelum membuat kalender, Anda harus tahu pasti berapa ukuran kalender yang ingin Anda cetak. Jangan sampai kalender justru memiliki ukuran yang salah, terlalu besar atau terlalu kecil. Bukan hanya itu, ukuran juga akan berpengaruh terhadap desain kalender tersebut. Jika ingin mencetak kalender dalam ukuran kertas A5, Anda harus menghindari penggunaan font yang sulit terbaca dan terlalu besar.

Pilih Kertas yang Sesuai

Selain beberapa hal di atas, penting juga bagi Anda untuk mempertimbangkan bahan atau jenis kertas yang akan digunakan. Sebelum menentukan kertas, Anda harus tahu terlebih dulu tipe kalender yang Anda inginkan, apakah kalender dinding atau kalender meja? Di mana, kalender dinding biasanya memiliki dua tipe kertas, yang luwes dan sedikit kaku. Sedangkan kalender meja biasanya menggunakan jenis kertas yang kaku.

Distribusikan Kalender di Waktu yang Tepat

Karena kalender digunakan tiap setahun sekali, dan Januari adalah awal Tahun, jangan pernah mulai membagikan kalender di bulan tersebut. Usahakan kalender Anda sudah siap dibagikan maksimal 1 bulan sebelum pergantian tahun. Cara membagikannya pun bermacam-macam, Anda bisa membagikannya langsung ke pelanggan Anda. Atau Anda bisa memberikan kalender beserta merchandise lainnya bagi pelanggan yang berhasil menjawab pertanyaan di social media.

Buat Konten Marketing Kalender

Anda juga bisa memanfaatkan kalender Anda sebagai konten marketing melalui social media. Berikan desain yang pas dan sesuai dengan ukuran social media. Untuk konten kalender di social media, Anda bisa membuatnya lebih fun, misalnya tanggal yang pas untuk mengajukan cuti, tanggal cantik, dan sebagainya. Hal ini tentu dapat menarik followers Anda, khususnya bagi usia muda dan pekerja.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat dan mencetak kalender sebagai media promosi. Untuk mencetak kalender dengan desain yang menarik dan kualitas yang terjamin, Anda bisa memanfaatkan Printera. Printera merupakan solusi terpadu yang menyediakan segala kebutuhan cetak bisnis Anda, mulai dari kalender, banner, poster, merchandise, t-shirt, dan masih banyak lagi. Jadi tunggu apalagi? Cetak segala kebutuhan bisnis Anda sekarang juga di Printera.