Beberapa Perbedaan Kartu Nama Konvensional dan Digital yang Wajib Anda Ketahui!

Di era digital seperti saat ini, banyak pengusaha ataupun perusahaan yang menganggap bahwa mencetak kartu nama sudah tidak relevan dan efektif lagi. Padahal, kartu nama bukan hanya sekedar media untuk bertukar informasi, tapi juga bisa menjadi salah satu media promosi.

Jika mencetak kartu nama tidak lagi relevan bagi bisnis yang sedang Anda jalankan, Anda tetap bisa memiliki kartu nama digital. Namun, kartu nama digital berbeda dengan kartu nama konvensional. Di mana, kartu nama digital tidak perlu dicetak dan Anda hanya perlu membagikannya melalui media digital seperti email, WhatsApp, social media, dan sebagainya. Sebelum Anda memilih antara kartu nama konvensional atau digital, di bawah ini akan kami bahas keunggulan sekaligus kekurangan keduanya.

Kartu Nama Konvensional

a. Keunggulan

Dengan mencetak kartu nama, Anda akan mendapatkan peluang untuk mengomunikasikan produk Anda dengan orang-orang yang ingin Anda hubungi kembali di masa mendatang. Misalnya, ketika Anda sedang mengadakan event, seminar, atau acara bisnis lainnya.

Ketika ada partner bisnis atau konsumen yang meminta kartu nama, Anda bisa langsung memberikannya dengan mudah. Dengan begitu, mereka juga akan lebih mudah mengingat Anda dan perusahaan Anda, bagaimana cara mereka bertemu dengan bisnis Anda, dan lain sebagainya.

Jika ingin mendapatkan kesan yang baik di mata konsumen, partner bisnis, dan orang yang menerima kartu nama bisnis Anda, cobalah buat kartu nama dengan desain yang pas dan cocok dengan bisnis.

b. Kekurangan

Jika Anda menggunakan kartu nama konvensional, Anda akan kesulitan jika ingin memperbarui nomor telepon, email, alamat website, atau kontak lainnya. Di mana, Anda harus melakukan rebranding kontak kemudian mencetak kartu nama kembali.

Bukan hanya itu, Anda juga memiliki kemungkinan tidak bisa memberikan kartu nama karena kehabisan ataupun ketinggalan. Jika hal itu terjadi, Anda secara otomatis akan kehilangan peluang untuk menambah networking dengan partner bisnis ataupun konsumen.

Kartu Nama Digital

a. Keunggulan

Dengan kartu nama digital, Anda dapat lebih mudah berbagi informasi melalui email, social media, WhatsApp, dan aplikasi lainnya. Di mana, dalam satu kartu nama digital, Anda dapat menyimpan berbagai informasi, mulai dari nama dan jabatan Anda, semua informasi mengenai bisnis, URL website dan social media yang dapat langsung di klik, dan sebagainya.

Anda juga bisa menambahkan tautan atau link berupa foto, video, dan lain-lain sebagai salah satu media bagi Anda yang ingin berbagi mengenai pekerjaan ataupun karya yang pernah Anda buat. Dengan begitu, partner kerja ataupun calon konsumen Anda dapat mempelajari lebih lanjut mengenai Anda dan bisnis Anda secara lebih detail.

b. Kekurangan

Tidak semua orang terbiasa menerima kartu nama digital karena tidak memahami bagaimana cara mengakses dan menyimpan kartu nama Anda ke dalam handpone-nya. Dalam berbagi kartu nama digital, Anda juga harus memasukkan nomor telepon atau email orang yang ingin Anda berikan kartu nama ke dalam satu aplikasi. Hal ini jelas sangat merepotkan bukan? Belum lagi ketika aplikasi tersebut mengalami masalah karena koneksi Internet buruk. Jika hal ini terjadi, berarti Anda tidak bisa berbagi kartu nama ke partner kerja Anda saat itu juga. Dengan begitu, Anda juga secara tidak langsung telah membuang peluang untuk menambah networking bisnis.

Di atas adalah keunggulan sekaligus kekurangan kartu nama konvensional dan digital. Agar lebih efektif, Anda bisa menggabungkan elemen digital ke dalam kartu nama konvensional atau kertas. Cobalah gunakan QR Code pada kartu nama Anda yang memudahkan penerima kartu nama untuk mengakses situs website, atau menyimpan kontak Anda secara langsung ke dalam handphone. Anda juga bisa menambahkan akun social media perusahaan yang memudahkan mereka untuk mencari informasi mengenai bisnis atau menghubungi Anda melalui social media.

Printera adalah solusi terpadu yang memudahkan Anda dalam menyediakan seluruh kebutuhan cetak bisnis Anda. Dengan Printera, Anda dapat mencetak kartu nama dengan memasukkan elemen digital di dalamnya. Sehingga, Anda tidak akan lagi khawatir kehilangan peluang untuk menambah networking bisnis. Di Printera, Anda juga bisa melakukan konsultasi mengenai kebutuhan cetak bisnis hingga konsultasi mengenai desain kartu nama yang cocok bagi bisnis Anda. Jadi tunggu apalagi? Cetak seluruh kebutuhan bisnis Anda sekarang juga di Printera!