Masih Harus Mencari Harga Termurah? Tiga Tantangan Ini Akan Mengubah Pola Pikir Anda!

Sebelum melakukan promosi cetak, sebuah perusahaan pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Namun, banyak pengusaha yang memilih jasa percetakan dengan harga yang murah, dan belum tentu bisa menjamin kualitas dari hasil cetakan tersebut hanya demi mengurangi biaya promosi. Hal inilah yang menyebabkan materi cetak terbuang sia-sia dan membuat tujuan promosi di awal tidak tercapai.

Di sinilah Anda sebagai pengusaha harus berani menentukan jalan mana yang dipilih. Apakah hanya fokus kepada harga tanpa memikirkan tujuan promosi bisnis? Atau fokus pada kualitas dengan harga yang sedikit mahal, namun dapat mencapai tujuan promosi? Inilah tantangan Anda sebagai pengusaha atau pembeli cetak.

Challenge Process

Dapat Anda bayangkan berapa lama Anda harus menulis alamat yang sama lebih dari 30 kali? Hal ini biasa disebut 30-address syndrome. Hal ini banyak ditemui di perusahaan percetakan dan tentunya sangat menyita waktu Anda dalam proses cetak. Jika hal ini tidak ingin terjadi, sebagai pembeli jasa cetak, Anda harus melakukan tahap challenge process untuk menemukan kendali yang lebih baik atas jasa percetakan yang dipilih. Dengan begitu, mereka akan memiliki kendali yang lebih baik atas waktu mereka, sehingga dapat mencapai tujuan yang telah Anda tentukan di awal. Untuk melakukan challenge process, ada tiga area yang harus Anda perhatikan yaitu proses pemesanan, mengirim file, hingga proses pelaporan.

Challenge Specification

Pada tahap ini, sebagai pembeli Anda harus menantang diri sendiri untuk fokus pada 3 tantangan, mulai dari bagaimana cara mengurangi biaya?, berapa laba atas investasi promosi cetak?, dan bagaimana cara menghindari biaya tambahan? Anda dapat mengurangi biaya cetak dengan mencari tahu spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan seperti kertas yang digunakan, ukuran cetak, dan sebagainya. Anda juga harus memastikan bahwa hasil cetak Anda efektif dan menambah laba, cobalah tambahkan referal code pada materi cetak Anda. Dan terakhir, Anda juga harus mulai berpikir mengenai masalah pendistribusian, mulai dari packaging materi cetak, pengiriman, hingga pemenuhan atau pengambilan materi cetak. Apakah harus menggunakan jasa kurir sendiri, jasa pengiriman online, atau menggunakan jasa kurir perusahaan lain?

Challenge Supplier Choice

Dengan melakukan tahap challenge supplier choice, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan, mulai dari mendapatkan ide-ide baru dari supplier atau vendor cetak hingga menekan biaya cetak sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Anda juga dapat menjalin hubungan baik dengan mereka, sehingga mereka akan dengan mudah dan senang hati memberikan jasa dan layanan terbaik mereka untuk Anda. Hal ini tentu dapat menguntungkan kedua belah pihak bukan? Jika Anda melakukan tahap ini dengan benar, Anda juga dapat menjadikan vendor atau supplier sebagai tim kerja Anda yang baik, di mana mereka dapat diajak diskusi dan bisa memberikan saran terbaik untuk Anda.

Dengan melakukan proses tantangan di atas, Anda dapat membuat promosi cetak yang efektif tanpa harus memikirkan berapa biaya yang Anda keluarkan. Dengan memilih Printera anda tidak perlu lagi memikirkan tiga tantangan di atas. Karena Printera menjamin kualitas dan layanan cetak Anda sesuai dengan tiga hal di atas. Jadi, pilih yang berkualitas atau yang murah?