Belum Memiliki ID Card? Cetak Sekarang & Dapatkan Lima Manfaatnya!

Sebagai pengusaha, pasti Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan ID Card atau kartu identitas? ID Card biasanya digunakan sebagai tanda pengenal seorang pegawai, anggota, pelanggan, dan sebagainya yang berisi informasi seperti nama, NIK, foto, divisi, serta visi dan misi perusahaan. Meski terlihat kecil, kartu identitas dan bisnis menjadi satu kesatuan yang saling melengkapi. Di mana, perusahaan atau bisnis yang memiliki identitas akan mendapatkan banyak manfaatnya. Apa saja yang bisa didapatkan perusahaan dengan mencetak dan memberikan ID Card ke karyawannya? Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Memberi Kesan Profesional

Mencetak ID Card dan memberikannya ke seluruh karyawan, bisa memberikan kesan profesional di mata pelanggan, rekan kerja, investor, ataupun supplier. Bukan hanya itu, dengan menggunakan ID Card, karyawan Anda juga akan lebih terlihat rapi dan formal, sehingga dapat menciptakan image atau citra positif, bagi karyawan ataupun bisnis. Karyawan dengan ID Card juga akan memiliki kebanggaan tersendiri dengan pekerjaan dan jabatan mereka masing-masing. Hal ini tentu dapat membuat mereka lebih semangat dan produktif, sehingga kinerja mereka pun akan meningkat. Secara tidak langsung, hal tersebut akan berdampak positif bagi bisnis Anda.

Membuat Karyawan Lebih Bertanggung Jawab

Dengan memberikan ID Card ke seluruh karyawan, Anda akan mendapatkan karyawan yang bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Karena dengan ID Card, karyawan Anda akan lebih mudah dikenali, baik oleh internal maupun eksternal. Sehingga mereka akan menjaga attitude dan terus bertanggung jawab dalam melaksanakan perannya sebagai karyawan yang baik. Hal ini, secara tidak langsung dapat membantu Anda menjalankan bisnis, serta menjaga nama baik perusahaan di mata pelanggan, supplier, ataupun investor bisnis.

Memudahkan dalam Pemberian Reward

Menggunakan ID Card sebagai pengenal juga membantu Anda menilai kinerja dan attitude karyawan Anda. Penilaian yang Anda berikan ini nantinya akan terkait dengan evaluasi karyawan secara berkala dan akan berdampak positif bagi karyawan Anda dalam meningkatkan kinerjanya. Jika kinerja mereka baik dan terus meningkat, Anda dapat memberikan reward kepada mereka, bisa berupa bonus atau kenaikan gaji. Dengan begitu, mereka akan bersemangat untuk terus meningkatkan kinerjanya. Hal ini tentu berdampak positif bagi bisnis Anda.

Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Dengan menggunakan ID Card, pelanggan akan lebih mudah mengenali karyawan dan bisnis Anda. Hal ini dapat membantu pelanggan untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan segera. Dengan begitu, pelanggan akan merasa nyaman dan percaya dengan bisnis, sehingga mereka tidak akan pernah ragu lagi mempercayakan semua kebutuhan mereka dengan bisnis Anda. Jika pelanggan sudah percaya terhadap bisnis, mereka akan menjadi pelanggan yang loyal dan akan membantu mereferensikan bisnis Anda kepada orang terdekat seperti keluarga, teman, rekan kerja, dan sebagainya.

Sebagai Absensi & Akses Keamanan

Di era yang sudah canggih seperti saat ini, sudah tidak zaman lagi menggunakan absensi secara manual. Selain sudah ketinggalan zaman, absensi manual juga dapat dengan mudah dimanipulasi karyawan dan mempersulit pencatatan absensi karyawan. Dengan ID Card hal tersebut tidak akan terjadi lagi. Selain sebagai tanda pengenal, ID card juga bisa membantu Anda mengelola absensi. Dengan menggunakan sistem magnetik atau barcode, ID Card yang Anda cetak juga  bisa mempermudah Anda mengelola semua hal yang berkaitan dengan absen, mulai dari reward, bonus, keterlambatan, penggajian, dan banyak lagi. Selain itu, ID Card juga bisa dijadikan sebagai kunci untuk mengakses ruangan-ruangan tertentu. Sehingga, ruangan atau tempat bisnis Anda menjadi lebih aman dan terhindar dari penyusup atau orang yang berniat jahat terhadap bisnis Anda.

Itulah kelima manfaat mencetak ID Card terhadap bisnis ataupun perusahaan Anda. Namun, sebelum mencetak ID Card Anda juga harus memikirkan desain yang akan digunakan. Karena tampilan ID Card sangat penting dan memengaruhi image perusahaan. Dengan desain yang asal-asalan, Anda tidak akan mendapatkan kelima manfaat di atas, dan pembuatan ID Card bisa menjadi sia-sia.

Untuk membuat ID Card dengan desain yang baik dan sesuai dengan kebutuhan bisnis, Anda bisa memanfaatkan Printera. Printera merupakan solusi terpadu yang membantu Anda memenuhi segala kebutuhan cetak bisnis, salah satunya membuat ID Card dengan sistem barcode. Dengan Printera, Anda juga tidak perlu lagi mengenai kualitas yang didapat, karena Printera menjamin semua kualitas yang Anda dapatkan adalah terbaik. Anda juga bisa melakukan konsultasi mengenai masalah desain ID Card dengan Design Manager yang telah disiapkan khusus untuk membantu Anda. Jadi tunggu apalagi? Segera cetak ID Card perusahaan Anda di Printera sekarang juga!