Lakukan 5 Tips Ini Sebelum Mendesain Voucher Sebagai Media Promosi Bisnis Anda

Sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri datang. Di momen ini biasanya banyak orang yang akan membeli segala kebutuhan untuk Hari Raya, seperti membeli kue kering, baju lebaran, sirup, dan sebagainya. Dibanding memberikan uang tunai, memberikan voucher ke pelanggan setia menjelang Hari Raya akan lebih berkesan dan menjadi salah satu cara promosi bisnis yang efektif dilakukan saat ini. Selain dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, membuat voucher juga dapat membantu Anda meningkatkan penjualan. Bagaimana tidak? Dengan adanya voucher yang Anda berikan, pelanggan akan secara otomatis menggunakannya untuk membeli produk Anda kembali.

Tertarik untuk memanfaatkan momen menjelang Idul Fitri dengan memberikan voucher belanja ke pelanggan setia? Ikuti beberapa tips di bawah ini sebelum membuat voucher sebagai media promosi.

Pilih Desain yang Lebih Simple & Clear

Untuk memberikan kesan profesional, cobalah pilih desain voucher yang lebih simple dan clear. Hindari menulis informasi terlalu banyak di bagian depan voucher. Karena, memberikan terlalu banyak teks pada voucher hanya membuat informasi didalamnya tidak jelas dan menjadi tidak menarik di mata pelanggan Anda. Untuk syarat ketentuan penggunaan voucher, Anda bisa meletakannya di bagian belakang voucher. Dengan begitu desain bagian depan voucher akan terkesan lebih simple dan clear.

Gunakan Fitur Keamanan Voucher

Salah satu ancaman terbesar dalam membuat voucher adalah risiko menyalin dan mencetak voucher itu sendiri. Untuk menghindari risiko duplikasi voucher, Anda dapat menggunakan fitur keamanan voucher yang bisa Anda tambahkan ke dalam desain voucher, seperti hologram, kertas dengan watermark, tinta reaktif panas, barcode, microtext, penomoran voucher, dan sebagainya. Jika menggunakannya dengan benar, fitur keamanan ini bisa memberikan tampilan voucher menjadi lebih profesional.

Tambahkan Tanggal Kadaluarsa

Setiap Anda membuat voucher belanja jangan pernah melupakan tanggal kedaluarsa didalamnya. Selain membantu pelanggan menggunakan voucher dengan segera, tanggal kedaluarsa juga dapat memberikan manfaat bagi bisnis Anda. Di mana, Anda akan mendapatkan penjualan dengan segera, karena pelanggan juga akan segera membelanjakan voucher tersebut.

Pilih Jenis Bahan yang Digunakan

Dalam membuat voucher, Anda dapat memilih bentuk dan ukuran voucher sesuai keinginan dan kebutuhan. Anda dapat memilih ukuran voucher seperti ukuran kartu bisnis ataupun mengikuti gaya cheque-book. Untuk menjaga kualitas voucher, Anda dapat memilih kertas di atas 150 gsm, namun memilih jenis bahan seperti kartu bisnis akan lebih tahan lama dibanding dengan menggunakan kertas.

Pilih Metode Pelacakan Voucher

Dalam membuat voucher, Anda juga harus memikirkan bagaimana cara Anda melakukan pelacakan atau tracking terhadap voucher yang telah digunakan. Jika Anda membuat voucher dengan denominasi atau jumlah tetap seperti Rp50.000, Rp100.000, dan Rp200.000, biasanya perusahaan cetak akan menyediakan Anda sistem numerik untuk melacak kartu yang telah digunakan. Namun, metode ini hanya dapat digunakan jika Anda menulis denominasi ke dalam voucher tersebut. Jadi, apapun metode pelacakan yang Anda pilih, pertimbangkan untuk menulis denominasi voucher ke dalam desain.

Di atas adalah beberapa tips yang harus Anda lakukan ketika ingin membuat voucher sebagai hadiah maupun media promosi. Untuk membuat voucher sesuai dengan tips di atas, Anda dapat memilih Printera sebagai solusi terpadu yang membantu Anda menyediakan seluruh kebutuhan cetak bisinis. Selain itu, dengan Printera, Anda juga dapat berkonsultasi dengan Account Manager Printera untuk masalah budget ataupun media promosi yang sesuai dengan bisnis Anda. Printera juga menyediakan Design Manager yang dapat membantu Anda menentukan desain yang cocok dan sesuai dengan bisnis ataupun produk Anda. Segera cetak segala kebutuhan bisnis Anda di Printera sekarang juga.