Lakukan 4 Cara Ini Sebelum Memilih Merchandise yang Cocok untuk Media Promosi.

Pernahkah Anda melihat sebuah perusahaan memberikan hadiah berupa merchandise kepada pelanggannya? Ya, merchandise merupakan salah satu media promosi yang biasanya digunakan dalam aktivitas pemasaran dan biasanya diberikan saat promosi atau event. Merchandise yang diberikan pun beragam, mulai dari kaus, pulpen, mug, tumbler, flashdisk, dan sebagainya.

Hingga saat ini, memberikan merchandise kepada pelanggan masih dianggap sebagai strategi promosi yang efektif. Di mana, perusahaan dapat memberikan hadiah tambahan ke pelanggannya sekaligus melakukan branding. Dengan memberikan merchandise, sebuah perusahaan secara tidak langsung bisa melakukan brainwashing kepada pelanggan. Sehingga, mereka akan terus mengingat produk Anda dan akan tertarik menggunakan atau membeli produk tersebut.

Bukan hanya itu, pelanggan juga akan merasa puas dan bangga mendapatkannya, apalagi jika merchandise yang mereka dapat adalah barang limited. Jadi, sebelum memberikan merchandise, Anda harus memilih merchandise yang tepat. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebelum memilih merchandise yang tepat untuk media promosi bisnis

Sesuaikan dengan Target Market

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membuat merchandise adalah target market. Cobalah pelajari baik-baik siapa target market perusahaan dan apa kebutuhan mereka. Jangan pernah membuat merchandise yang tidak sesuai dengan kebutuhan target market, karena itu akan sia-sia. Dengan memberikan merchandise sesuai kebutuhan mereka, merchandise akan selalu digunakan sehingga promosi bisnis akan berjalan sesuai rencana. Jika target market Anda adalah ibu rumah tangga, mug bisa jadi pilihan, atau jika target market Anda anak kuliah, Anda bisa memberikan pulpen, buku notes, atau flashdisk.

Harus Memiliki Manfaat

Selain harus sesuai dengan target market, Anda juga harus membuat merchandise yang memiliki manfaat bagi pelanggan. Seperti contoh di atas, Anda memberikan flashdisk atau buku notes yang bisa langsung digunakan dan dapat terlihat langsung manfaatnya bagi yang menerima. Jika merchandise tersebut selalu digunakan, secara otomatis orang lain yang melihatnya sadar akan adanya produk Anda, sehingga dapat tercipta brand awareness bagi yang belum mengetahui produk Anda. Jenis merchandise yang banyak dipilih perusahaan saat ini adalah kaus. Dengan memilih kaus sebagai merchandise, perusahaan bisa mendapatkan media promosi gratis dalam waktu panjang, selama kaus tersebut digunakan oleh yang menerima. Jika kaus adalah pilihan Anda, cobalah pilih kaus dengan kualitas bahan yang baik dan desain yang menarik.

Ikuti Tren yang Ada

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan sebelum membuat merchandise adalah pilih barang yang sedang tren. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menarik pelanggan maupun calon pelanggan. Misalnya, saat Natal, Anda bisa memberikan merchandise yang sesuai dengan momen tersebut, seperti kaus kaki, topi santa, dan sebagainya. Atau saat libur sekolah, Anda bisa memberikan merchandise sandal santai atau topi. Dengan memberikan merchandise yang sedang tren, kemungkinan barang tersebut digunakan akan lebih besar, dan konsumen pun akan lebih tertarik dengan merchandise yang Anda berikan.

Sesuaikan dengan Budget Promosi

Memilih merchandise sebagai media promosi membutuhkan budget yang lebih besar dibanding membuat brosur atau flyer. Oleh karena itu, Anda juga harus memilih merchandise sesuai dengan budget atau anggaran yang dimiliki. Jangan sampai bisnis Anda merugi hanya karena salah memilih merchandise. Namun, Anda juga tidak boleh melakukan promosi setengah-setengah, misalnya memilih kualitas yang rendah hanya karena ingin menghemat budget. Dengan memilih kualitas yang rendah, brand image perusahaan atau bisnis Anda akan terlihat buruk di mata pelanggan. Hal ini juga bisa membuat pelanggan tidak memercayai bisnis Anda, bahkan bisa pergi meninggalkan bisnis Anda.

Membuat dan memberikan merchandise sebagai hadiah sekaligus media promosi dapat memberikan perhatian pelanggan dan memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka. Dengan begitu, brand awareness akan selalu tertanam dibenak mereka berkat merchandise yang Anda berikan.