7 Media Promosi yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengikuti Pameran Bisnis

Pameran atau event adalah salah satu sarana komunikasi pemasaran yang efektif untuk melakukan branding dan memperkenalkan bisnis ke khalayak luas. Di mana kegiatan ini secara tidak langsung juga dapat mendorong keberhasilan promosi, memperkenalkan produk, hingga dapat mendekatkan diri dengan konsumen. Bukan hanya itu, pameran bisnis juga bisa menjadi bagian dari Public Relations yang dapat meningkatkan citra positif perusahaan dengan cara berkomunikasi langsung dengan konsumen.

Untuk mencapai segala tujuan pameran atau event bisnis, ada beberapa materi promosi yang harus Anda siapkan sebelum pameran berlangsung. Materi promosi apa saja yang harus Anda persiapkan? Temukan jawabannya di bawah ini.

Banner

Banner merupakan salah satu media promosi yang biasa digunakan saat pameran bisnis. Materi promosi yang satu ini biasanya dapat ditemukan di depan booth ataupun di depan pintu masuk saat event berlangsung. Meletakkan banner saat event merupakan salah satu cara terbaik bagi Anda yang ingin memberikan informasi maupun promosi bisnis secara profesional kepada konsumen ataupun target pasar yang potensial. Dengan desain banner yang kreatif dengan informasi menarik, pengunjung event akan lebih mudah mengingat bisnis Anda dan tertarik untuk mencoba maupun membeli produk yang Anda tawarkan.

Brosur

Brosur merupakan media promosi yang wajib Anda miliki saat mengadakan pameran atau event bisnis. Kenapa? Selain efektif untuk meningkatkan penjualan produk, brosur juga bisa menjadi salah satu media promosi yang efektif untuk melakukan branding dan memberikan informasi secara detail kepada pengunjung pameran. Dengan memberikan brosur saat pameran, Anda dapat meyakinkan konsumen ataupun calon konsumen potensial untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Anda dapat menuliskan berbagai informasi dalam brosur untuk menarik perhatian dan minat beli konsumen seperti kelebihan produk, manfaat, deskripsi produk, dan lain sebagainya.

Kartu Nama

Kartu nama merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh ketinggalan ketika Anda ikut serta dalam event bisnis. Selain berfungsi sebagai branding perusahaan, kartu nama juga berguna untuk meningkatkan networking selama event berlangsung. Dengan memberikan kartu nama kepada calon konsumen potensial, berarti Anda sudah membuka jalan untuk mengembangkan bisnis atau meningkatkan penjualan produk. Di mana, ketika mereka butuh dan tertarik dengan bisnis Anda, mereka akan lebih mudah menghubungi Anda dengan mencari informasi kontak melalui kartu nama yang telah Anda berikan.

Goodie Bag

Goodie bag merupakan tempat penyimpanan yang bisa Anda manfaatkan sebagai media promosi saat mengadakan event atau pameran bisnis. Anda bisa menambahkan beberapa merchandise di dalam goodie bag seperti stiker, brosur, mug, dan sebagainya. Memberikan goodie bag kepada pengunjung event dapat menjadi nilai tambah serta memberikan kesan profesional bagi bisnis. Bukan hanya itu, goodie bag juga dapat menjadi salah satu media branding yang efektif. Di mana, penerimanya akan selalu menggunakan goodie bag tersebut ke mana pun mereka pergi untuk menyimpan barang. Oleh karena itu, pemilihan bahan goodie bag pun harus diperhatikan. Cobalah pilih bahan goodie bag yang berkualitas dan juga memiliki desain yang profesional. Sehingga penerima goodie bag akan dengan senang hati menggunakan goodie bag tersebut ke mana pun dan kapan pun.

Product Sampling

Event atau pameran bisnis juga bisa Anda manfaatkan untuk memberikan sampel produk kepada pengunjung. Dengan begitu, pengunjung dapat mencoba produk yang Anda tawarkan secara langsung. Jika mereka tertarik dan menyukai produk yang Anda tawarkan, mereka akan membelinya saat itu juga ataupun di kemudian hari. Namun, memberikan sampling hanya cocok digunakan bagi Anda yang menjual produk makanan atau minuman. Anda dapat memberikan sampel dalam kemasan khusus ataupun dengan porsi kecil yang bisa langsung dinikmati pengunjung pameran saat itu juga.

Flyer

Flyer biasanya hanya berbentuk selembaran yang berisi informasi singkat mengenai produk yang ditawarkan. Saat mengadakan event bisnis, flyer merupakan salah satu media promosi yang cocok digunakan dan diberikan. Dengan selembaran flyer, Anda dapat memberikan promosi khusus bagi pengunjung selama event berlangsung, seperti potongan harga, referral code, dan penawaran menarik lainnya. Selain dapat meningkatkan penjualan bisnis, memberikan flyer saat event juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung event.

Social Media Promotion

Di era digital seperti saat ini, social media menjadi salah satu tools ataupun media yang wajib dimiliki oleh bisnis. Saat ingin mengadakan event, Anda dapat memanfaatkan social media sebagai media yang mengajak followers Anda untuk datang ke event yang akan Anda adakan. Anda juga bisa memberikan promosi menarik khusus bagi followers Anda yang datang mengunjungi Anda saat event berlangsung. Misalnya mendapatkan potongan harga khusus dengan melakukan posting saat mereka berada di event tersebut, atau mendapat merchandise khusus dengan menunjukkan bahwa mereka adalah salah satu followers bisnis Anda di social media, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa media promosi yang bisa Anda siapkan sebelum mengikuti event atau pameran bisnis. Dengan media promosi yang tepat, Anda dapat dengan mudah menarik pengunjung event untuk mencoba atau membeli produk yang Anda jual. Apapun media promosi yang Anda pilih dan gunakan, Printera bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mencetak media promosi bisnis. Dengan Printera, Anda bisa mencetak segala kebutuhan media promosi cetak bisnis dengan lebih mudah dan kualitas yang terjamin.