6 Hal yang Bisa Anda Lakukan Sekarang untuk Mempromosikan Bisnis Kuliner

Saat ini banyak pengusaha yang tertarik untuk mulai membuka bisnis kuliner. Selain dapat memberikan keuntungan yang besar, bisnis kuliner di Indonesia juga sedang menjadi tren di berbagai kalangan. Jika Anda sedang menjalankan bisnis kuliner dan ingin bersaing dengan pengusaha lainnya, hal penting yang tidak boleh Anda lupakan adalah masalah promosi bisnis. Karena menjalankan bisnis kuliner tidak cukup hanya dengan menjual makanan atau minuman yang enak dan menarik. Tanpa adanya promosi, bisnis Anda akan sulit untuk bersaing dan dilihat oleh target pasar. Di bawah ini kami akan berikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis kuliner dengan tepat.

Perhatikan Kualitas Rasa

Modal utama dalam menjalankan bisnis kuliner adalah cita rasa dari makanan atau minuman yang Anda pasarkan. Jadi, sebelum Anda memasarkan dan mempromosikan bisnis kuliner, cobalah perhatikan kualitas dan cita rasa dari makanan atau minuman yang Anda tawarkan. Bukan hanya itu, Anda juga harus terus konsisten dalam menjaga cita rasa yang Anda berikan kepada pelanggan. Karena menjaga kualitas rasa secara konsisten akan menjadi modal utama Anda dalam mempromosikan dan mengembangkan bisnis. Hindari untuk mengubah bumbu atau bahan pangan yang Anda perlukan dalam proses pembuatan makanan/minuman, apalagi hanya karena ingin memperbesar keuntungan. Jika hal itu terjadi, pelanggan akan kecewa dan Anda harus bersiap untuk kehilangan pelanggan.

Ikuti Pameran Bisnis

Pameran atau event bisnis saat ini sangatlah banyak dan menarik bagi masyarakat Indonesia. Untuk memperkenalkan bisnis kuliner, Anda bisa mencoba untuk mengikuti pameran yang menarik dan sesuai dengan target pasar Anda. Jika target Anda adalah anak muda yang suka musik, Anda bisa ikut serta sebagai tenant di event musik. Sebelum mengikuti event, cobalah untuk mempelajari event tersebut, mulai dari berapa target pengunjung, acara apa saja yang diadakan di sana, berapa biaya yang harus Anda keluarkan, dan sebagainya. Untuk mengikuti pameran bisnis, Anda juga harus mempersiapkan beberapa materi promosi yang bisa menarik pengunjung seperti banner, flyer, brosur, dan sebagainya.

Buat & Bagikan Selembaran

Di awal perjalanan bisnis, Anda bisa mulai dengan mempromosikan bisnis kuliner Anda dengan membagikan selembaran, bisa dalam bentuk flyer atau brosur. Cobalah bagikan selembaran tersebut di tempat keramaian dan sering dikunjungi oleh target pasar Anda, misalnya mall, sekolah, kampus, area perkantoran, dan sebagainya. Agar selembaran tersebut disimpan si penerima, cobalah buat selembaran tersebut menarik. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menarik penerima selembaran, mulai dari membuatnya dengan desain yang kreatif atau memberikan pesan yang mengundang seperti informasi diskon, spesial harga, dan masih banyak lagi.

Gabung ke Komunitas Bisnis

Networking adalah salah satu hal penting dalam mengembangkan bisnis. Untuk memperluas networking bisnis, Anda bisa mulai mengikuti berbagai perkumpulan atau komunitas bisnis. Jika Anda menemukan gathering atau seminar bisnis, jangan pernah ragu untuk mengikutinya. Karena acara inilah yang dapat membantu Anda untuk memperluas networking bisnis. Bukan hanya itu, dengan bergabung ke dalam komunitas bisnis, Anda juga bisa saling bertukar informasi, dan tidak menutup kemungkinan Anda akan menemukan peluang bisnis baru.

Miliki Akun Social Media

Siapa yang tidak memiliki akun social media di era digital seperti sekarang ini? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti memiliki akun social media. Banyak dari mereka yang menggunakan social media bukan hanya untuk sharing tapi juga mencari berbagai informasi, salah satunya informasi mengenai produk yang mereka cari atau minati. Hal inilah yang bisa menjadi peluang bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis dan ingin memporomosikannya melalui social media. Selain itu, social media juga bisa menjadi tempat bagi Anda berinteraksi langsung dengan followers Anda. Hal ini tentu dapat menjaga hubungan baik antara Anda dengan pelanggan Anda.

Berikan Diskon di Momen Tertentu

Siapa yang tidak senang jika diberikan diskon? Apalagi diskon tersebut diberikan oleh produk atau brand yang diminati. Untuk menarik pelanggan hingga membuat mereka loyal, Anda bisa memberikan mereka diskon, terutama di saat momen tertentu. Misalnya diskon spesial di Hari Ulang Tahun pelanggan, diskon makan berdua di Hari Valentine, diskon makan bersama Ibu di Hari Ibu, dan sebagainya. Dengan memberikan diskon spesial seperti di atas, pelanggan secara tidak langsung menjadi lebih percaya dan loyal terhadap bisnis Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis. Untuk mempromosikan bisnis dengan media cetak seperti brosur, flyer, dan sebagainya, Anda bisa memanfaatkan Printera. Printera adalah solusi  terpadu yang mempermudah Anda dalam memenuhi kebutuhan cetak bisnis. Printera juga memiliki layanan dan produk percetakan lengkap, mulai dari kebutuhan stationery, marketing, hingga merchandise. Jadi tunggu apalagi? Cetak segala kebutuhan bisnis kuliner Anda sekarang juga di Printera.