5 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Memilih Vendor Percetakan Untuk Bisnis Anda.

Mencetak media promosi bisnis bukanlah hal yang terlalu sulit. Anda hanya perlu mencari vendor cetak yang memiliki skill yang baik dan mengerti masalah cetak-mencetak seperti jenis kertas, tinta, desain, ukuran standar, dan sebagainya. Namun, mencari vendor percetakan tidaklah mudah. Banyaknya percetakan yang tersebar saat ini tidak diimbangi oleh kualitas perusahaan, bukan hanya masalah SDM, tapi juga masalah peralatan yang dimiliki. Jadi, sebelum memutuskan untuk memilih vendor cetak, perhatikan 5 hal penting di bawah ini.

Reputasi Percetakan

Sebelum menentukan percetakan mana yang akan Anda pilih, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah reputasi percetakan tersebut. Cobalah pilih perusahaan cetak yang telah memiliki pengalaman di industri printing. Jika Anda sulit melihat pengalaman dari percetakan, Anda bisa mencari tahu reputasi percetakan melalui testimoni orang terdekat yang pernah menggunakan jasa percetakan atau printing yang akan Anda pilih. Anda juga bisa mencari review mengenai perusahaan tersebut melalui media online. Lihatlah review yang mereka dapatkan melalui social media atau media lainnya. Semakin banyaknya testimoni dan review positif, semakin besar juga kemungkinan mereka bisa memberikan kualitas dan layanan terbaik.

Kualitas Percetakan

Kualitas percetakan tidak kalah penting dari reputasi percetakan. Oleh karena itu, cobalah lihat hasil kerja percetakan melalui portfolio mereka. Apa saja yang pernah mereka buat? Bagaimana kualitas gambar yang pernah mereka cetak? Teknologi apa yang mereka gunakan? Jenis kertas yang mereka gunakan? Apakah warna yang dihasilkan sesuai dengan desain?, dan sebagainya. Semakin bagus kualitas percetakan, semakin berkualitas juga layanan yang mereka berikan.

Kualitas Pelayanan

Selain kualitas percetakan, hal lain yang terpenting dalam menentukan vendor percetakan adalah kualitas pelayanan yang diberikan. Dengan memilih percetakan yang bisa memberikan pelayanan yang bagus, Anda tentu akan lebih nyaman dalam berkomunikasi, seperti menceritakan apa yang Anda butuhkan, berkonsultasi mengenai jenis kertas atau bahan yang akan digunakan, dan sebagainya. Selain itu, cobalah cari vendor percetakan yang dapat merespon Anda dengan cepat dan memiliki layanan sistem informasi lengkap yang memudahkan anda dalam mendapatkan informasi. Dengan begitu, semua masalah yang Anda hadapi saat itu, dapat terjawab dengan solusi yang tepat dalam waktu yang cepat.

Biaya Cetak

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah masalah harga. Cobalah pilih percetakan sesuai dengan budget yang Anda miliki, namun tetap menomorsatukan kualitas cetak. Jika Anda hanya ingin mencetak dengan kuantitas sedikit, Anda bisa memilih perusahaan digital printing. Dengan memilih digital printing, Anda akan mendapatkan harga yang murah meski hanya mencetak 1 lembar. Bagaimana masalah kualitas? Mencetak melalui digital printing juga memiliki kualitas yang sama baiknya dengan percetakan konvensional. Dan yang perlu Anda ingat adalah jangan pernah mencetak media promosi dengan budget yang tidak sesuai dengan anggaran bisnis Anda, karena hal ini hanya bisa membuat Anda mengalami kerugian karena mengeluarkan budget berlebih.

Waktu Pengerjaan

Hal penting lain yang harus diperhatikan saat memilih percetakan adalah waktu pengerjaan. Anda pasti memiliki deadline untuk pengerjaan media promosi bukan? Jadi, sebelum Anda memilih vendor percetakan, cobalah untuk menentukan kapan Anda bisa mengambil hasil cetakan Anda sejak awal. Karena, jika Anda tidak menentukan waktu pengerjaan di awal, bisa jadi pihak percetakan akan menunda waktu pengerjaan, hal ini tentu bisa menjadi masalah lain bagi bisnis. Jika Anda terburu-buru masalah waktu dan tidak mencetak dengan jumlah banyak, Anda bisa memercayakan media promosi Anda dicetak di perusahaan digital printing.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih vendor percetakan. Printera adalah salah satu vendor percetakan yang dapat membantu Anda mendapatkan kualitas cetakan, pelayanan, dan teknologi terbaik. Masalah waktu pengerjaan? Printera dapat menyelesaikan hasil cetakan dengan waktu cepat dan sesuai dengan deadline.