4 Tips Efektif yang Harus Anda Terapkan Saat Memilih Media Promosi Bisnis

Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting dilakukan sebuah bisnis untuk memperkenalkan produknya ke khalayak luas. Selain memperkenalkan produk, promosi bisnis juga bisa membantu Anda meningkatkan angka penjualan sebuah produk. Namun, untuk mencapai tujuan tersebut, Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih media promosi yang akan Anda gunakan. Agar tidak salah menentukan media promosi, di bawah ini adalah beberapa tips efektif yang bisa Anda terapkan ketika memilih media promosi.

Tentukan Anggaran Promosi

Untuk membuat iklan atau promosi berarti Anda membutuhkan anggaran promosi. Dalam menentukan anggaran ini, Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Jika budget atau anggaran yang Anda miliki cukup besar, Anda dapat memilih media TV atau cetak seperti iklan di majalah dan tabloid. Namun, jika budget Anda kecil atau tidak ada sama sekali, Anda bisa memanfaatkan media promosi online, seperti iklan di Internet, social media, dan sebagainya. Jadi, sebelum memilih media promosi, cobalah mulai dengan menentukan jumlah anggaran yang bisa Anda keluarkan untuk promosi bisnis atau produk.

Tentukan Segmentasi Pasar

Setelah Anda menentukan budget atau anggaran promosi, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan segmentasi pasar bisnis Anda. Tanpa mengetahui segmentasi pasar, Anda akan sulit dalam menentukan media promosi bisnis. Namun, dengan mengetahui siapa target pasar bisnis, Anda akan lebih mudah menentukan media promosi apa yang bisa Anda pilih. Misalnya, jika target pasar Anda adalah orang dengan aktivitas pagi hari di Jakarta, Anda bisa memilih radio dan koran. Namun, jika segmentasi Anda adalah anak kampus, Anda bisa menggunakan social media dan menyebar flyer atau brosur di area kampus.

Pilih yang Sesuai dengan Materi Iklan

Anda juga bisa memilih media promosi bisnis sesuai dengan materi iklan atau pesan yang ingin Anda sampaikan dalam media tersebut. Jika materi iklan Anda hanya sebatas teks dan tulisan, Anda cukup menggunakan media cetak atau media promosi online seperti social media. Namun, jika materi promosi berbentuk audio, Anda dapat memilih radio atau televisi sebagai medianya. Dengan materi iklan yang tepat dan sesuai dengan medianya, promosi Anda menjadi lebih efektif dan efisien, serta pesan yang ingin disampaikan akan lebih mudah diterima oleh segmentasi pasar Anda.

Tentukan Media yang Digunakan

Media promosi dibedakan menjadi 2 (dua) jenis, yaitu offline dan online. Sebelum menentukan media promosi mana yang Anda pilih, cobalah mulai dengan melihat segmentasi yang ingin Anda tuju. Di mana, media online biasanya akan lebih disenangi anak muda dan media offline lebih disukai orang dewasa yang memiliki segudang kesibukan. Pada media online, Anda dapat membuat promosi dengan berbagai konten, seperti teks, gambar, video, gif, audio, dan sebagainya. Sedangkan pada media offline, Anda bisa menggunakan konten berupa teks dan gambar seperti koran, majalah, flyer, brosur, spanduk, dan sebagainya. Jadi, media online atau offline bisa jadi efektif tergantung segmentasi yang ingin Anda tuju.

Itulah keempat tips yang bisa Anda lakukan ketika ingin memilih media promosi. Apapun media promosi yang Anda pilih, kualitas promosi harus tetap Anda jaga. Untuk menjaga kualitas promosi cetak, Anda dapat memanfaatkan Printera sebagai solusi terpadu yang mempermudah Anda dalam memenuhi kebutuhan cetak bisnis. Printera memiliki layanan dan produk percetakan lengkap, mulai dari kebutuhan stationery, marketing, hingga merchandise.

Di Printera, Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan Account Manager atau Design Manager mengenai kebutuhan promosi Anda. Dengan begitu, promosi Anda menjadi lebih efektif dan efisien. Jadi tunggu apalagi? Cetak segala kebutuhan bisnis Anda sekarang juga di Printera.