4 Alasan Kenapa Mengirim Kartu Ucapan Menjadi Penting untuk Kesuksesan Bisnis

Kartu ucapan adalah secarik kertas yang berisi ucapan selamat atau pesan yang ditujukan kepada penerimanya. Kartu ini biasanya diberikan saat momen atau hari spesial seperti saat perayaan Natal, Idul Fitri, ulang tahun, dan sebagainya. Dengan memberikan kartu ucapan, Anda dapat menunjukkan rasa perhatian Anda kepada pelanggan, klien, partner kerja, ataupun partner bisnis lainnya.

Di zaman serba digital seperti saat ini, hampir semua perusahaan melupakan kartu ucapan sebagai salah satu hal yang bisa memengaruhi kesuksesan bisnis. Saat ini, banyak perusahaan yang lebih senang mengirim kartu ucapan melalui email, chat, ataupun aplikasi ponsel lainnya. Padahal, mengirim kartu ucapan secara langsung jauh lebih bermanfaat dibanding mengirimkannya melalui media digital. Di mana, klien, pelanggan, ataupun partner bisnis Anda akan lebih mudah mengingat produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dengan begitu, Anda menjadi lebih mudah mencapai kesuksesan bisnis. Lalu apa saja manfaat kartu ucapan untuk bisnis? Di bawah ini, akan kita jelaskan kenapa Anda harus mengirimkan kartu ucapan ke pelanggan ataupun partner bisnis Anda.

Menciptakan Hubungan Jangka Panjang

Memberikan kartu ucapan ke pelanggan atau klien di momen-momen penting seperti ulang tahun, perayaan hari besar agama, dan sebagainya secara pribadi, dapat membuat mereka nyaman dan menganggap Anda sebagai teman, bukan sekedar partner bisnis. Dengan begitu, mereka akan dengan senang hati menggunakan jasa atau membeli produk Anda terus-menerus dan berulang. Meski mengirim kartu ucapan memakan waktu banyak, Anda tidak akan pernah menyesal melakukannya ketika Anda mendapatkan keuntungan yang besar. Selain mendapat klien atau pelanggan yang loyal, Anda juga dapat menciptakan hubungan jangka panjang dengan klien dan tentunya akan berdampak pada bisnis Anda.

Meningkatkan Penjualan

Selain menjaga hubungan baik dengan klien atau pelanggan, mengirim kartu ucapan juga bisa menjadi salah satu strategi marketing. Strategi ini sudah digunakan selama bertahun-tahun dan terbukti dapat meningkatkan penjualan bisnis. Di mana, dengan mengirim kartu ucapan, klien akan merasa bahwa dirinya dianggap spesial dan merasa diperhatikan oleh Anda. Hal ini secara tidak langsung dapat membuat pelanggan Anda loyal dan dapat memengaruhi keputusan mereka untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Meningkatkan Bisnis Hingga 17%

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengirim kartu ucapan kepada klien atau pelanggan dapat meningkatkan bisnis hingga 17%. Seperti yang dijelaskan di atas, mengrimkan kartu ucapan dapat menjalin hubungan baik, karena itulah Anda akan kehilangan peluang sekitar 10% jika Anda tidak mengirimkan kartu ucapan setiap bulannya. Di mana, peningkatan loyalitas pelanggan sekitar 5% per bulan dapat menambah penghasilan Anda sekitar 20% hingga 80%. Angka yang cukup besar bukan?

Mendapat Rekomendasi Gratis

Seorang klien yang merasa puas dengan produk atau jasa Anda, maka secara otomatis mereka akan merekomendasikan bisnis Anda ke teman dan keluarga. Hal ini tentu bisa menjadi salah satu media promosi gratis dan lebih tepercaya. Dengan begitu, Anda juga dapat membangun citra positif, meningkatkan loyalitas pelanggan atau klien, dan dapat klien atau pelanggan baru dengan lebih mudah.

Itulah alasan kenapa Anda harus mulai secara rutin mengirimkan kartu ucapan kepada klien atau pelanggan. Anda bisa mulai dengan mengucapkan hari besar agama, seperti Natal, Lebaran, dan sebagainya. Anda juga bisa memberikan kartu ucapan saat klien ulang tahun atau mendapatkan award. Untuk membuat kartu ucapan tidaklah sulit jika Anda menggunakan Printera sebagai solusi terpadu yang membantu Anda menyediakan seluruh kebutuhan cetak bisnis. Dengan Printera, Anda dapat membuat kartu ucapan dengan kualitas terbaik sehingga klien atau pelanggan Anda akan semakin merasa spesial. Buat kartu ucapanmu sekarang di Printera!